Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Web Dengan Kode QR Pada Materi Volume Bangun Ruang Ke/as V SD

Arifin, Rediansyah (2023) Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Web Dengan Kode QR Pada Materi Volume Bangun Ruang Ke/as V SD. Skripsi thesis, Universitas wiraraja.

[img] Text (Cover)
File 1.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
File 2.pdf - Accepted Version

Download (253kB)
[img] Text (Daftar Isi)
File 3.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] Text (BAB I)
File 4.pdf - Accepted Version

Download (540kB)
[img] Text (BAB II)
File 5.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
File 6.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (592kB)
[img] Text (BAB IV)
File 7.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
File 8.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
File 9.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text (Lampiran)
File 10.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan pemahan siswa dan kurangnya penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran matematika, hal tersebut dibuktikan dari hasil nilai ulangan harian siswa yang mendapatkan nilai masih di bawah KKM. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan serta untuk mengkaji respon siswa kelas V Sekolah Dasar terhadap e-modul matematika berbasis web dengan Kode QR pada materi volume bangun ruang. Penelitian ini menggunakan metode penelitin dan pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembanga yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Adapun tahapan dari model pengembangan ADDIE yaitu (1) analisis (analyze), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation) dan (5) evaluasi (evaluation). Namun peneliti hanya menggunakan empat tahapan yaitu (I) analyze, (2) design, (3) development, (4) implementation dikarenakan tahap evaluation sudah ada di dalam keempat tahapan itu. Data yang diperoleh dari penelitian ini berupa basil observasi, lembar validasi produk (validasi materi dan validasi media), dan lem.bar angket respon siswa. Berdasarkan basil analisis diperoleh basil validasi materi sebesar 85% dan untuk validasi media sebesar 95% dengan kategori "sangat layak". Sedangkan basil dari pengisian angket respon siswa mendapatkan rata-rata persentase sebesar 97,86% dengan kategori "sangat baik". Sehingga pengembangan e-modul matematika berbasis web dengan kode QR layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika pada materi volume bangun ruang. Kata Kunci : E-modul, Media Pembelajaran, Bangun Ruang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-modul, Media Pembelajaran, Bangun Ruang
Subjects: 300 – Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: isna wati isna
Date Deposited: 01 Mar 2024 04:40
Last Modified: 01 Mar 2024 04:40
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/3214

Actions (login required)

View Item View Item