Putra, Mario Dwiky Julian (2023) Pengembangan Media aplikasi Roda Kata untuk membaca permulaan bagi siswa kelas I SD. Skripsi thesis, Universitas wiraraja.
Text (Cover)
File 1.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (Abstrak)
File 2.pdf - Accepted Version Download (273kB) |
|
Text (Daftar Isi)
File 3.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
|
Text (BAB I)
File 4.pdf - Accepted Version Download (475kB) |
|
Text (BAB II)
File 5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (732kB) |
|
Text (BAB III)
File 6.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text (BAB IV)
File 7.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text (BAB V)
File 8.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
File 9.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
|
Text (Lampiran)
File 10.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Dengan adanya perubahan zaman sekarang pendidikan juga mengalami perkembangan yang cukup pesat sehingga pendidikan harus ikut menyesuaikan dengan tuntutan yang berlaku. Untuk mewujudkan proses pembelajaran agar sesuai dengan tujuan yang dinginkan, maka guru perlu menerapkan langkah yang tepat dalam proses pembelajaran tersebut. Banyak faktor yang menyebakan rendahnya pelajaran siswa. Beberapa diantaranya kurangnya penggunaan media pembelajaran dan juga kurangnya peran kedua orang tua didalam pola pendidikan anak. Sehingga siswa atau peserta didik merasa dirinya bosan, tidak konsentrasi, dan tidak memperhatikan materi pembelajaran khususnya pelajaran Bahasa Indonesia yang dinilai begitu rumit sehingga sering kali banyak siswa yang merasa bosan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development (R & D). Model pengembangan yang digunakan peneliti ialah ADDIE yang telah dimodifikasi oleh sugiyono (2015) yang terdiri dari 5 tahapan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengembangan media aplikasi Roda Kata dapat membantu siswa dalam memahami materi, (2) mengetahui respon siswa terhadap pengembangan media aplikasi Roda Kata Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I. Instrument pada penelitian ini berupa instrument validasi produk, respon siswa, adapun skala analisis data menggunakan skala likert dan guttman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ( 1) pengembangan dalam penelitian ini dinyatakan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini beradasarkan validasi desain media dan materi dengan persentase berturut• turut sebesar 86% dan 82% dengan kriteria "Sangat layak. (2) basil respon siswa atau uji coba produk terhadap 12 orang siswa sekolah dasar diperoleh nilai dengan persentase sebesar 81% dengan kriteria "Sangat Baik". Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran aplikasi Roda Kata dapat dinyatakan layak dan sesuai untuk digunakan sebagai altematif media pembelajaran. Kata kunci : Media Pembelajaran, Membaca Permulaan, Roda Kata
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Membaca Permulaan, Roda Kata |
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | isna wati isna |
Date Deposited: | 01 Mar 2024 04:13 |
Last Modified: | 01 Mar 2024 04:13 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/3211 |
Actions (login required)
View Item |