Evaluasi Ketercapaian Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Model Berdiferensiasi Di Sekolah Penggerak SMPN 2 Saronggi

Nuriyanah, Adila (2023) Evaluasi Ketercapaian Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Model Berdiferensiasi Di Sekolah Penggerak SMPN 2 Saronggi. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.

[img] Text (COVER)
File 1_compressed.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
File 2.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] Text (ABSTRAK)
File 3.pdf - Accepted Version

Download (362kB)
[img] Text (BAB1)
File 4.pdf - Accepted Version

Download (586kB)
[img] Text (BAB2)
File 5_compressed.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (712kB)
[img] Text (BAB3)
File 6.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)
[img] Text (BAB4)
File 7_compressed (2).pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB5)
File 8.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
File 9.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
File 10_compressed.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: ( 1) Mengetahui kualitas instrumen tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan siswa pada mata pelajaran IPA model berdiferensiasi kelas VII di sekolah penggerak SMPN 2 Saronggi menggunakan model rasch; (2) Mengetahui kemampuan siswa pada mata pelajara IPA model berdiferensiasi di sekolah penggerak SMPN 2 Saronggi menggunakan model rasch. Penelitian ini menggunakan model berdiferensiasi dengan mengelompokkan minat dan bakat siswa menjadi tiga yaitu minat bakat membaca, menggambar dan mind mapping. Guru IPA di SMPN 2 Saronggi tidak pernah melakukan analisis butir soal untuk mengetahui apakah soal yang dibuat valid dan reliabel. Selama ini yang biasa dilakukan guru adalah menginterpretasikan skor mentah hasil ujian siswa secara langsung dan menganggapnya sebagai hasil pengukuran hasil belajar. Salah satu pengolahan data mentah dari soal tes yang diberikan kepada siswa adalah dengan menggunakan pemodelan rasch. Pengukuran ini dapat menjelaskan insteraksi antara subjek dan item tes. Hal ini membuat pengukuran memiliki hasil yang lebih tepat dan obyektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif deskriptif menggunakan model rasch dan desain peneltian One-shot case study. Ukuran sampel pada penelitian ini disesuaikan dengan pertimbangan model rasch. Sampel yang digunakan sebanyak 52 siswa yang berasal dari kelas VII-B dan VII-D dengan memperoleh tingkat kepercayaan 99% artinya peluang melakukan kesalahan dalam pengambilan sampel hanya I%. Teknik analisis data menggunakan model rasch dengan software ministeps. Hasil analisis menunjukkan kualitas instrumen tergolong sangat baik berdasarkan aspek-aspek berikut: tingkat kesesuaian soal, tingkat kesulitan soal, reliabilitas, DIF, unidimensional, dan peta variabel. Rata-rata kemampuan siswa didominasi oleh siswa dari kelas VII-D, kemampuan siswa berdasarkan jenis kelamin didominasi oleh siswa perempuan, kemampuan siswa berdasarkan pengelompokan minat dan bakat pada soal pilihan ganda didominasi siswa dengan minta bakat membaca dan pada soal uraian didominasi siswa dengan minat dan bakat menggambar. Terdapat pola respon yang sama disebabkan karena tingkat kemampuan siswa sama. Kata kunci: Sekolah Penggerak, Model Berdiferensiasi, Hasil Belajar, Model Rasch, Ministeps

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sekolah Penggerak, Model Berdiferensiasi, Hasil Belajar, Model Rasch, Ministeps
Subjects: 300 – Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA
Depositing User: Anisa Zulfa Nurfaizah
Date Deposited: 19 Feb 2024 01:54
Last Modified: 19 Feb 2024 01:54
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/3207

Actions (login required)

View Item View Item