Sampoerna, Rizky Maydika (2023) Pengembangan Media Wayang Kardus (Wangkus) Berbasis Bhinneka Tunggal Ika Pada Materi Pahlawanku Di Kelas IV SD. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
Text (COVER)
File 1.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
File 2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
|
Text (ABSTRAK)
File 3.pdf - Accepted Version Download (232kB) |
|
Text (BAB1)
File 4.pdf - Accepted Version Download (623kB) |
|
Text (BAB2)
File 5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (756kB) |
|
Text (BAB3)
File 6.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB4)
File 7.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text (BAB5)
File 8.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
File 9.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (354kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
File 10.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah permasalahan yaitu rendahnya pemahaman materi tokoh pahlawan nasional yang berbasis kebhinnekaan pada peserta didik yang disebabkan konsep materi yang sulit dipahami peserta didik. Terbukti dari kemampuan menarasikan tentang tokoh pahlawan nasional hanya mengetahui nama tokoh belum mengetahui sejarah, peran tokoh dalam perjuangan, dan konsep tentang tokoh yang diberikan oleh guru. Selain itu wayang sebagai tradisi leluhur yang murni bangsa Indonesia sudah mulai kurang di kenal di kalangan anak remaja disebabkan disrupsi teknologi secara masif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengembangan media wayang kardus (wangkus) berbasis bhinneka tunggal ika pada materi pahlawanku di kelas IV SD serta untuk mengetahui respon siswa terhadap media wayang kardus dalam penelitian pengembangan yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Reaseacrh & Development dengan model ADDIE dimana terdiri dari Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementatition), dan Evaluasi (Evaluation). Akan tetapi penelitian ini memiliki keterbatasan waktu dan penelitian ini hanya mengembangkan media tanpa perangkat pembelajaran, maka hanya empat tahap yang di gunakan pada penelitian ini diantaranya ialah Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementatition). Data yang di dapat dari penelitian pengembangan ini adalah data berupa lembar validasi produk (Validasi materi dan validasi media), iembar angket respon siswa. Berdasar basil analisisnya diperoleh basil validasi materi 92% dan media 75% dan mendapat respon positif dari hasil angket respon siswa dengan persentase 88%. Sehingga media wayang kardus (WangKus) layak digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar. Kata Kunci: Pengembangan, Wayang Kardus, Pahlawanku
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Wayang Kardus, Pahlawanku |
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | isna wati isna |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 03:59 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 03:59 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/3206 |
Actions (login required)
View Item |