Jamilah, Eva Alisa Nor (2023) Efektivitas Media Spin Wheel dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas III SDN Kolor II. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
Text (COVER)
File 1 c.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (690kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
File 2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (243kB) |
|
Text (ABSTRAK)
File 3.pdf - Accepted Version Download (225kB) |
|
Text (BAB1)
File 4.pdf - Accepted Version Download (373kB) |
|
Text (BAB2)
File 5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (553kB) |
|
Text (BAB3)
File 6.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (767kB) |
|
Text (BAB4)
File 7.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (763kB) |
|
Text (BAB5)
File 8.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
File 9.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
File 10_compressed (1).pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media spin wheel dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN Kolor II, diantaranya yaitu kelas III-A terdiri dari 20 siswa dan kelas III-B yang terdiri dari 20 siswa. Sampel yang diambil peneliti ini yaitu seluruh siswa kelas III-A yang berjumlah 20 siswa. Dalam penelitian ini, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar, angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan perhitungan statistik oleh data dengan berbantuan SPSS 25 For Windows gunanya untuk mengukur nilai pretest dan posttest dengan uji t (Paired Sample T-Test). Adapun hasil dari penelitian ini adalah hasil dari penggunaan media spin wheel dalam pembelajaran IPA siswa kelas III SDN Kolor II yaitu, dari persentase >70% respon positif siswa terhadap media spin wheel, kemampuan guru mendapatkan rata-rata skor 3,5 dengan kategori sangat baik serta secara signifikan dengan kepercayaan 95% . Dapat dibuktikan hasil belajar dengan nilai rata-rata posttest lebih tinggi daripada nilai pretest (76,5> 45,5). Hal ini dapat dibuktikan juga melalui hasil uji t (Paired Sample T-Test) dari nilai pretest dan posttest dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang artinya nilai sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 artinya H,, ditolak Ha, diterima. Dengan kata lain, terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata pretest dan posttest kelas III-A. Jadi, berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa media spin wheel berpengaruh dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran IPA. Kata Kunci: Media Spin Wheel, Pembelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Spin Wheel, Pembelajaran IPA. |
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | isna wati isna |
Date Deposited: | 19 Feb 2024 01:25 |
Last Modified: | 19 Feb 2024 01:25 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/3203 |
Actions (login required)
View Item |