Rosi, Fathor (2023) Pengembangan Media permainan tradisional demprak untuk Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
Text (COVER)
File 1.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
File 2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
|
Text (ABSTRAK)
File 3.pdf - Accepted Version Download (246kB) |
|
Text (BAB1)
File 4.pdf - Accepted Version Download (529kB) |
|
Text (BAB2)
File 5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB3)
File 6.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text (BAB4)
File 7.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text (BAB5)
File 8.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
File 9.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
File 10.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa siswa yang kurang tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas dan terdapat beberapa siswa yang tidak menyukai matematika. Selain itu kurang memanfaatkan media pembelajaran yang ada, guru terkadang cendrung menjelaskan materi dan menuliskannya pada papan tulis, sehingga menyebabkan suasana pembelajaran matematika terlihat kurang menarik bagi peserta didik dan membuat peserta didik justru terlihat pasif. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan pengembangan media permainan tradisional demprak dalam belajar bilangan loncat kelas 1 Sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan research and development (R&D). Model pengembangan yang peneliti gunakan adalah model penelitian pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Namun karena adanya keterbatasan waktu, biaya maka peneliti hanya membatasi sampai 4 tahapan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, dan implementasi Data yang diperoleh dari hasil penelitian ini berupa lembar validasi produk (validasi desain media dan materi), dan lembar respon siswa. Berdasarkan basil analisis diperoleh basil validasi desain media 80% materi 77,5%, dan basil respon siswa mendapatkan respon posistif dengan skor 90%. Sehingga pengembangan media permainan tradisional demprak dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika kelas I Sekolah Dasar. Kata Kunci : Pengembangan, Media permainan tradisional demprak
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media permainan tradisional demprak |
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Anisa Zulfa Nurfaizah |
Date Deposited: | 19 Feb 2024 01:31 |
Last Modified: | 19 Feb 2024 01:31 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/3200 |
Actions (login required)
View Item |