Jannah, Nur (2023) Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) BerbEntukan Media Spesimen Terhadap Hasil Belajar Materi IPA Siswa Kelas IV Di SDN Kolor. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
Text (COVER)
File 1.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
File 2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
|
Text (ABSTRAK)
File 3.pdf - Accepted Version Download (216kB) |
|
Text (BAB1)
File 4.pdf - Accepted Version Download (560kB) |
|
Text (BAB2)
File 5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB3)
File 6.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB4)
File 7.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB5)
File 8.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
File 9.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (283kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
File 10.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) berbentukan media spesimen terhadap hasil belajar materi IPA bagian-bagian tumbuhan siswa kelas IV di SDN Kolor II. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022-2023. Menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis quasy eksperimen dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDN Kolor II. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive random sampling. Jadi, kelas IV-B terpilih sebagai kelas kontrol dan kelas IV-A sebagai kelas eksperimen. inst.rumen pada penelitian ini berupa tes (posttest) dan dokmnentasi. Posttest diberikan kepada siswa berupa soal esai sebanyak 1 O butir. Sedangkan dokumentasi berupa data-data sekolah, data siswa, serta dokumen lainnya sebagai pelengkap data setelah data terkumpul. Berdasarkan analisis data tes (posttest) pada penelitian ini diperoleh hasil bahwa penggunaan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) berbantukan media spesimen ini terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar materi IPA siswa kelas lV di SDN Kolor II pada selang kepercayaan 95%. Dapat dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t independen sample T test. Hasil pengujian uji-t independen sample T test pada bagian equal variances assumed diketahui nilai sig. (2 - tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Jadi, H diterima dan Ho ditolak. Dapat dibuktikan juga dari hasil nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol, yakni 81,9> 58,5. Hal ini yang dapat membuktikan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan metode konvensional (ceramah). Kata Kunci: PBL (Problem Based Learning), media spesimen, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PBL (Problem Based Learning), media spesimen, hasil belajar. |
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Anisa Zulfa Nurfaizah |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 04:30 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 04:03 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/3199 |
Actions (login required)
View Item |