Qudsiyah, Lailatul (2023) Pengaruh Model Pembelajaran RME Terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Kelas ISDN Kolor II. Skripsi thesis, Universitas wiraraja.
Text (COVER)
File 1.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
File 2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
|
Text (ABSTRAK)
File 3.pdf - Accepted Version Download (240kB) |
|
Text (BAB1)
File 4.pdf - Accepted Version Download (430kB) |
|
Text (BAB2)
File 5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (443kB) |
|
Text (BAB3)
File 6.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (546kB) |
|
Text (BAB4)
File 7.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (710kB) |
|
Text (BAB5)
File 8.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
File 9.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
File 10.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RME terhadap kemampuan berhitung siswa kelas I SDN Kolor II. Penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif, penelitian menggunakan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas 1 di SDN Kolor II, diantaranya yaitu kelas 1 A terdiri dari 22 siswa, sedangkan kelas 1 B terdiri dari 21 siswa. Sampel yang diambil peneliti yaitu seluruh siswa kelas 1 yang keseluruhannya berjumlah 43 siswa. Teknik sampling dalam penelitian yang di pilih adalah Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes dan dokumentasi. Penelitian melakukan perhitungan statistic oleh data dengan berbantuan SPSS 25 For Windows untuk menguji normalitas dan homogenitas serta uji t (Jndependen Sample T-test). Hasil penelitian dari penggunaan model pembelajaran RME terhadap kemampuan berhitung siswa kelas 1 SDN Kolor II dibuktikan dari hasil nilai rata-rata pretest kelas eksperimen lebih tinggi daripada pretest kelas kontrol (58,63 > 56,2), dan nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai posttest kelas kontrol (80,00 > 69,52). Hal ini dapat dibuktikan juga melalui hasil pengujian hipotesis uji-t Independen Sample T-test pada bagian "Equal variances assumed" diketahui nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000< 0,05 artinya H, ditolak, Ha diterima. Dengan kata lain, terdapat perebedaan yang signifikan antara nilai rata-rata pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kontrol, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran RME berpengaruh terhadap kemampuan berhitung siswa kelas I SDN Kolor II pada pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan. Kata Kunci: Model Pembelajaran RME, Kemampuan Berhitung.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | isna wati isna |
Date Deposited: | 02 Feb 2024 03:18 |
Last Modified: | 02 Feb 2024 03:18 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/3192 |
Actions (login required)
View Item |