PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN JASA PENGIRIMAN BARANG APABILA TERJADI KERUGIAN

wigiana, Nita Indri (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN JASA PENGIRIMAN BARANG APABILA TERJADI KERUGIAN. Skripsi thesis, Universitas wiraraja.

[img] Text (Cover)
FILE 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Isi)
FILE 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] Text (Abstrak)
FILE 3.pdf

Download (67kB)
[img] Text (BAB I)
FILE 4.pdf

Download (183kB)
[img] Text (BAB II)
FILE 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text (BAB III)
FILE 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text (BAB IV)
FILE 7.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
FILE 8.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text (Lampiran)
FILE 9.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kebutuhan manusia terhadapa jasa pengiriman yang pada saat ini menjadi sangat diminati oleh masyarakat di Indonesia, hal ini disebabkan oleh kebiasaan masyarakat pada zaman yang penuh dengan kemajuan teknologi ini yang lebih menyukai berbelanja dengan cara online daripada datang langsung ketempattempat penjualan kebutuhannya. Dengan adanya jasa pengiriman barang menjadikan masyarakat lebih praktis dan hemat biaya dalam melakukan pengiriman barang, jasa pengiriman barang sendiri merupakan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan yang bergerak dibidang layanan pengiriman barang. Namun dalam penyelenggaraan jasa pengiriman barang atau pelaku usaha tidak selalu berjalan dengan baik banyak keluhan mengenai kerugian konsumen seperti kerusakan, kehilangan, dan keterlambatan. Mengacu pada uraian latar belakang diatas dapat dirumuskan beberapa permasalahan seperti bagaimana perlindunagn hukum terhadap konsumen jasa pengiriman barang apabila terjadi kerugian dalam pengiriman, dan bagaimana tanggung jawab jasa pengiriman barang atas kerugian yang terjadi dalam pengiriman. Untuk menjawab permasalahan yang ada maka jenis penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif dan menggunakan pendekatan perundangundangan dan pendekatan konseptual dengan menggunakan sumber bahan primer dan sumber bahan sekunder bahan hukum yang diperoleh dengan melakukan penelusuran bahan hukum, studi kepustakaan dan penelusuran internet, kemudian bahan hukum yang sudah terkumpul di analisis dengan deskritif kualitatif yaitu memaparkan dan menganalisis secara narasi mengenai suatu permasalahan yang ada secara sistematis, seluruh data dari bahan hukum dikumpulkan menjadi satukesatuan secara lengkap, untuk selanjutnya disusun secara bertahap dan teratur untuk pada akhirnya dianalisis. Hasil dari penelitian ini adalah bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen jasa pengiriman barang apabila terjadi kerugian dalam pengiriman maka konsumen dapat menyelesaikan sengketanya melalui pengadilan atau diluar pengadilan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Selain itu upaya hukum yang dapat dilakukan kepada pelaku usaha atau perusahaan ekspedisi adalah sebagai berikut: Melakukan gugatan keperdataan atas perbuatan melawan hukum atau wanprestasi; Melaporkan ke Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK). Upaya hukum tersebut adalah sebagai bentuk perlindungan hukum bagi konsumen. Adapun tanggung jawab jasa pengiriman barang atas kerugian yang terjadi dalam pengiriman adalah dengan memberikan ganti rugi sesuai dengan kalsifikasi kerugian yang terjadi pada konsumen seprti kerusakan, kehilangan dan keterlambatan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kerugian yang dialami konsumen bisa disebabkan oleh dua faktor yaitu kelalaian dari konsumen atau kelalian dari pihak penyedia jasa pengiriman atau pelaku usaha. Apabila kerugian diakibatkanvii oleh pihak penyedia jasa pengiriman barang atau pelaku usaha maka penyedia jasa atau pelaku usaha akan bertanggung jawab dengan cara memberikan ganti rugi atau kompensasi kepada konsumen yang mengalami kerugian. Saran dari penulisan skripsi ini adalah pihak penyedia jasa pengiriman barang atau pelaku usaha agar lebih meningkatkat kualitas pelayanannya dan lebih memperhatikan hak-hak konsumennya serta harus menjalankan kewajibannya sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati bersama antara pihak pelaku usaha dan konsumen. Kepada konsumen untuk lebih menyadari akan hak-hak dan kewajibannya sebagai konsumen. Kata Kunci : perlindungan hukum konsumen, jasa pengiriman barang, kerugian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 – Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: isna wati isna
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:59
Last Modified: 25 Sep 2023 02:59
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/2952

Actions (login required)

View Item View Item