Fahrullah, Afif (2022) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR DI SDN BANARESEP TIMUR I. Skripsi thesis, Universitas wiraraja.
Text (Abstrak)
file 3.pdf Download (102kB) |
|
Text (BAB I)
file 4.pdf Download (109kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengungkapkan permasalahan dalam strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar di SDN Banaresep Timur 1. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, lokasi dalam penelitian ini merupakan SDN Banaresep Timur 1, dengan Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui proses wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini melalui trianggulasi data, serta fokus dalam penelitian adalah startegi guru dalam menangani siswa yang mengalami kesulitan belajar di SDN Banaresep Timur 1. Siswa yang mengalami kesulitan belajar terdapat tujuh siswa, terdiri dari lima siswa kelas 4 dan dua siswa kelas 6 di SDN Banaresep Timur 1. Penemuan dalam penelitian ini berkaitan dengan strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar yang menunjukkan bahwa strategi yang digunakan adalah strategi ceramah dalam pembelajaran secara langsung yaitu dimana guru itu mampu mengajar anak didiknya dengan sabar dan telaten karena pada dasarnya siswa itu butuh kepekaan dan kelembutan cara guru mengajar, dan juga bisa guru dalam menjelaskan bisa cepat dimengerti oleh anak didiknya, karena pada dasarnya siswa SD tersebut ada beberapa yang pemalu untuk bertanya kepada guru. Dalam analisis penelitian ini ditemukan adanya penambahan proses pembalajaran melalui kegiatan belajar seusai sekolah oleh guru kelas. Strategi ini berdasarkan data dapat mengatasi kesulitan belajar siswa di kelas. Kata Kunci : Strategi Guru, mengatasi kesulitan belajar, SD
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | isna wati isna |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 04:30 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 04:30 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/2893 |
Actions (login required)
View Item |