PENGEMBANGAN POTENSI OBJEK WISATA GOA SOEKARNO DI DESA PANAONGAN KECAMATAN PASONGSONGAN

Rasyidi, Phimasdika Ainur (2021) PENGEMBANGAN POTENSI OBJEK WISATA GOA SOEKARNO DI DESA PANAONGAN KECAMATAN PASONGSONGAN. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja Madura.

[img] Text (ABSTRAK)
file 3.pdf

Download (174kB)
[img] Text (BAB1)
File 4.pdf

Download (287kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Pengembangan Potensi Objek Wisata Goa Soekarno di Desa Panaongan Kecamatan Pasongsongan.. Fokus dalam penelitian menggunakan Teori Yoeti, (2015 : 82) yang meliputi yaitu; a) Obyek dan Daya Tarik, b) Prasarana Wisata, c) Sarana Wisata. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi di lokasi penelitian, wawancara terhadap informan-informan yang terkait dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian yang telah dilakukan, yakni meliputi a) Obyek dan daya tarik wisata Goa Soekarno memang mempunyai daya tarik yang sangat tinggi bagi wisatawan, dengan adanya batu stalagmite dan stalaktit, sehingga wisatawan akan senang bila datang berkunjung. b) Prasarana wisata Goa Soekarno saat ini terbilang masih kurang unuk penunjang utama yang diperlukan wisatawan khususnya diluar goa seperti wahana permainan dan tempat bersantai. c) Sarana wisata Goa Soekarno sebagai sumber daya alam dan sumber daya buatan manusia sebagai pengelola wisata sudah terasa lengkap, dimana beberapa prasarana dan sarana goa sudah dibangun dengan lengkap. Kata Kunci : Pengembangan, Potensi, Pariwisata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 – Social sciences > 350 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Depositing User: Anisa Zulfa Nurfaizah
Date Deposited: 10 Jan 2023 04:32
Last Modified: 10 Jan 2023 04:32
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/2720

Actions (login required)

View Item View Item