PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PELAYANAN, DAN KETERSEDIAAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PELAYARAN RAKYAT PT. SURYA NOVA MARITIM DI SUMENEP

Kurniady, Aditya Nova (2021) PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PELAYANAN, DAN KETERSEDIAAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PELAYARAN RAKYAT PT. SURYA NOVA MARITIM DI SUMENEP. Skripsi thesis, Universitas wiraraja Madura.

[img] Text (Abstrak)
3.pdf

Download (91kB)
[img] Text (BAB I)
4.pdf

Download (248kB)

Abstract

PT. Surya Nova Maritim merupakan salah satu perusahaan pelayaran yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa pengoperasian kapal baik milik sendiri maupun keagenan. Pada prinsipnya agen pelayaran adalah mewakili kepentingan orang lain yang memerlukan jasa angkutan laut di PT. Surya Nova Maritim untuk melayani pengoperasian beberapa kapal keagenan setiap bulannya. Penelitian ini membahas tentang bentuk pelayanan yang diberikan oleh PT. Surya Nova Maritim kepada konsumen pelayaran sebagai perusahaan pelayaran yang selalu dituntut untuk bertahan dan berkembang meskipun tantangan dan persaingan setiap perusahaan pelayaran semakin ketat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian studi kasus lapangan (Case and field study). Penelitian dilakukan pada PT. Surya Nova Maritim Kabupaten Sumenep pada bulan Mei sampai 12 Juli 2021 dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 80 responden. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan variabel penelitian berupa variabel independent (X) terdiri dari Persepsi Harga (X1), kualitas pelayanan (X2), dan ketersediaan vasilitas (X3) serta variabel dependent (Y) yaitu kepuasan konsumen. Dengan analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda melalui Uji T dan Uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi harga tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pelayaran rakyat PT. Surya Nova Maritim di Sumenep. Hal ini berdasarkan pada hasil uji parsial (uji t) dimana nilai sig. propability sebesar 0,392 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa persepsi harga secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pelayaran rakyat PT. Surya Nova Maritim di Sumenep. Hal ini diketahui berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai probabilitas sig. sebesar 0,985 > 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa secara parsial kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Ketersediaan fasilitas juta tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pelayaran rakyat PT. Surya Nova Maritim di Sumenep. Berdasarkan analisa hasil uji t diperoleh nilai probabilitas sig. sebesar 0,651 > 0,05. Berdasarkan nilai tersebut menunjukkan bahwa secara parsial variabel ketersediaan fasilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil uji dari keseluruhan variabel penelitian yang terdiri dari variabel persepsi harga (X1), variabel kualitas pelayanan (X2), dan variabel ketersediaan fasilitas (X3) dapat diketahui bahwa secara simultan keseluruhan variabel dalam penelitian ini tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen (Y) pelayaran rakyat PT. Surya Nova Maritim di Sumenep. Kata Kunci : Persepsi Harga, Kualitas Layanan, Ketersediaan Fasilitas, Kepuasan Konsumen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 – Technology > 650 Management & Public Relations > 658- Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: isna wati isna
Date Deposited: 04 Jan 2023 04:18
Last Modified: 04 Jan 2023 04:18
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/2678

Actions (login required)

View Item View Item