Analisis Perilaku Konsumen Menggunakan Aplikasi Emaal Pada Swalayan Basmalah Cabang Marengan Sumenep

As’ari, Moh. Shaleh (2022) Analisis Perilaku Konsumen Menggunakan Aplikasi Emaal Pada Swalayan Basmalah Cabang Marengan Sumenep. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja Madura.

[img] Text (ABSTRAK)
File 3 Abstrak Indonesia, Abstract Inggris.pdf

Download (404kB)
[img] Text (BAB1)
File 4 Bab 1.pdf

Download (391kB)

Abstract

Aplikasi Emaal merupakan salah satu dompet digital (e-wallet) yang dikembangkan oleh PT. Sidogiri Mitra Utama untuk memudahkan layanan transaksi yang berbasiskan elektronik kepada seluruh mitra Swalayan Basmalah. Aplikasi Emaal sudah diciptakan sejak tahun 2016 dengan jargon “One Step Tobe Better” dan bisa didapatkan di seluruh cabang Swalayan Basmalah di Indonesia. Aplikasi Emaal sama dengan dompet digital lainnya, namun juga terdapat fitur khusus yang hanya dapat diakses oleh pengguna yang bekerjasama dengan PT. Sidogiri Mitra Utama. Aplikasi Emaal belum diketahui oleh banyak orang, jika dibandingkan dengan aplikasi dompet digital lainnya yang baru saja muncul seperti Ovo, Dana, Gopay, dll. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisa apa saja faktor yang yang mempengaruhi konsumen untuk menggunakan aplikasi Emaal dan apa saja upaya pihak Swalayan Basmalah dalam meningkatkan penggunaan aplikasi dompet digital Emaal tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui observasi di lapangan, wawancara kepada beberapa informan dengan subyek yang ditentukan purposive sampling, serta dokumentasi sebagai dalam bentuk bukti penelitian tersebut. Teknik analisa data peneliti ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil kesimpulan dari penelitian ini, Swalayan Basmalah perlu melakukan beberapa daya dan upaya agar aplikasi Emaal bisa lebih dikenal oleh konsumen luas seperti dengan cara kasir menawarkan kepada setiap pelanggan yang melakukan transaksi di Swalayan Basmalah untuk menggunakan aplikasi Emaal dan juga dengan cara melakukan promosi selain webite, facebook dan twitter yaitu seperti youtube, Instagram dan tiktok. Selain itu juga perlu adanya upadate aplikasi pada versi yang lebih baik lagi, karena perkembangan teknologi semakin lama akan semakin maju menyesuaikan dengan kebutuhan yang sedang dialami oleh konsumen seperti mengembangkan aplikasi Emaal juga pada para pengguna IOS seperti Iphone. Kata kunci : perilaku konsumen, aplikasi Emaal, purposive sampling.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 – Technology > 650 Management & Public Relations > 658- Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Anisa Zulfa Nurfaizah
Date Deposited: 03 Jan 2023 06:33
Last Modified: 03 Jan 2023 06:33
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/2671

Actions (login required)

View Item View Item