Fikri, Moh. Ali (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Disiplin Kerja terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi di Kantor Balai Desa Manding Daya Kecamatan Manding Kabupaten Sumenep). Skripsi thesis, Universitas Wiraraja Madura.
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (13kB) |
|
Text (BAB1)
BAB 1.pdf Download (402kB) |
Abstract
Pada dasarnya, manusia membutuhkan pelayanan bahkan secara ekstern dapat dikatakan bahwa pelayanan tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan masyarakat. Masyarakat setiap waktu selalu menuntut pelayanan yang berkualitas dari pemerintah meskipun tuntutan tersebut sering tidak sesuai dengan harapan karena secara empiris pelayanan yang terjadi selama ini masih berbelit-belit, lambat, dan melelahkan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui adakah pengaruh secara parsial kualitas pelayanan dan disiplin kerja terhadap kepuasan masyarakat di Desa Manding Daya, (2) Untuk mengetahui adakah pengaruh secara simultan antara kualitas pelayanan dan disiplin kerja terhadap kepuasan masyarakat di Desa Manding Daya, (3) Untuk mengetahui manakah variabel yang paling dominan kualitas pelayanan dan disiplin kerja terhadap kepuasan masyarakat di Desa Manding Daya Jenis penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan teknik purposive sampling. Pentuan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Roscoe. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat diperoleh nilai thitung sebesar 5,314 > ttabel 1,67065 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pada pengujian parsial (uji t) terdapat pengaruh secara parsial dan signifikan variabel Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat. Pengaruh Disiplin Kerja terhadap Kepuasan Masyarakat memperoleh nilai thitung sebesar 2,704 > dari ttabel 1,67065 dengan nilai signifikansi 0,009 < 0,05. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pada pengujian parsial (uji t) terdapat pengaruh secara parsial dan signifikan variabel Disiplin Kerja terhadap Kepuasan Masyarakat. Secara simultan kualitas pelayanan dan disiplin kerja berpengaruh secara positif dan signifikan dengan nilai Fhitung sebesar 49,658 > Ftabel 3,15 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Berdasarkan perolehan hasil penelitian, nilai variabel disiplin kerja 0,009 lebih besar daripada nilai variabel kualitas pelayanan 0,001. Hal tersebut menunjukkan bahwa kepuasan masyarakat banyak dipengaruhi oleh disiplin kerja dari pegawai. Semakin baik kedisiplinan pegawai, maka semakin tinggi juga tingkat kepuasan masyarakat. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Disiplin Kerja, Kepuasan Masyarakat
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 600 – Technology > 650 Management & Public Relations > 658- Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Anisa Zulfa Nurfaizah |
Date Deposited: | 03 Jan 2023 03:18 |
Last Modified: | 03 Jan 2023 03:18 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/2668 |
Actions (login required)
View Item |