Sugianto, Iwan (2022) Strategi Pemasaran Ayam Kampung Unggulan Balitnak (KUB) Di Desa Nambakor Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja Madura.
Text (ABSTRAK)
FILE 3.pdf Download (14kB) |
|
Text (BAB1)
FILE 4.pdf Download (130kB) |
Abstract
Ayam KUB merupakan ayam kampung hasil pemuliabiakan yang dilakukan oleh Badan Pengembangan dan Pertanian yang bertempatan di Ciawi, Bogor. Untuk meningkatkan penjualan di pasaran ayam KUB Aira melakukan berbagai strategi pemasaran agar dapat bersaing di pasar. Ayam KUB Aira juga Mengembangkan dan menerapkan sebuah strategi pemasaran yaitu analisis SWOT dan Marketing MIX. maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran yang digunakan peternak ayam kampung unggulan balitnak (KUB) di Desa Nambakor Kecamatan Saronggi Kabupaten sumenep?. maka tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran ayam kampung unggulan balitnak (KUB) di desa Nambakor Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep. Penelitian menggunakan metode kualitatif, penelitian ini menurut pendekatan adalah fenomenalogi yaitu fenomena tertentu yang ada dalam masyarakat yang dilakukan secara mendalam untuk mempelajari latar belakang, keadaan, dan interaksi yang terjadi, Pada strategi pemasaran ayam KUB. Hasil Penelitian Adalah Strategi pemasaran yang digunakan pada Usaha Ayam Kampung Unggulan Balitnak (KUB) Aira yaitu mengacu kepada marketing mix 4P. Untuk segi product, price, promotion dan pada Usaha Ayam Kampung Unggulan Balitnak (KUB) Aira sudah melakukan strategi tepat sasaran dengan tujuan mengembangkan perusahaan. Berdasarkan analisis SWOT strategi pemasaran ayam KUB Aira yaitu strategi SO,a. Menjaga kehegenisan dan kebersihan ayam KUB Aira untuk menarik minat konsumen, b. Meningkatkan saluran distribusi langsung agar dapat mengambil peluang dan pangsa di pasar. Strategi ST, a. Mempertahankan kualitas produk agar dapat bersaing dengan peternak ayam KUB lainnya. b. Meningkatkan kerjasama dengan peternakan ayam KUB lainnya agar mendapat dukungan dan semakin dikenal luas oleh masyarakat. Strategi WO, a. Membuat lapak baru yang mudah dijangkau oleh konsumen dan mempermudah penjualan ayam KUB. b. Dengan meningkatnya jumlah penduduk di Sumenep maka perlu peluasan lahan peternakan agar dapat menapung ayam KUB dan permintaan konsumen. Strategi WT, a. Memperbanyak lagi dalam hal promosi agar konsumen dapat tertarik dalam melakukan pembelian ayam KUB Aira dengan cara memasang iklan di media social atau ataupun pemberian hadiah bagi pelanggan setia. b. Aktif melakukan Pemasaran, mungkin perlu menambahkan strategi pemasaran yang baru agar konsumen tertarik pada Ayam KUB Aira meskipun sekarang semakin banyak pesaing baru yang membanting harga yang tidak relavan. Kata kunci : Strategi Pemasaran, Ayam KUB, Marketing MIX 4P, Analsis SWOT
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 600 – Technology > 650 Management & Public Relations > 658- Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Anisa Zulfa Nurfaizah |
Date Deposited: | 30 Dec 2022 03:39 |
Last Modified: | 30 Dec 2022 03:39 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/2644 |
Actions (login required)
View Item |