Transparansi, Akuntabilitas, Dan Partisipasi Tenaga Pendidik Pengelolaan Anggaran Dana Bos Terhadap Kualitas Pendidikan Di SMPN 1 Pasongsongan

Sumartina, Elisa Ariska (2022) Transparansi, Akuntabilitas, Dan Partisipasi Tenaga Pendidik Pengelolaan Anggaran Dana Bos Terhadap Kualitas Pendidikan Di SMPN 1 Pasongsongan. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja Madura.

[img] Text (ABSTRAK)
FILE 3.pdf

Download (93kB)
[img] Text (BAB1)
FILE 4.pdf

Download (217kB)

Abstract

Anggaran dana BOS tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, yang harus dikelola dengan transparansi serta akuntabilitas agar mudah dipahami dan pengelolaannya bisa berjalan dengan efektif dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai ketentuam yang ada. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif, dengan populasi yaitu kepala sekolah, bendahara, guru, dan wali murid di SMPN 1 Pasongsongan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini tekhnik non probality sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tekhnik observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah Uji Statistik Deskriptif, Uji Kualitas Data, Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi Linear Berganda, dan Uji Hipotesis. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi tenaga pendidik berpengaruh secara simultan terhadap pengelolaan dana bos di SMPN 1 Pasongsongan. Berdasarkan Uji t menyatakan bahwa variabel transparansi dan partsipasi tanaga pendidik berepengaruh secara tidak signifiksn terhadap pengelolaan dana bos, sedangakan akuntabilitas berpengruh secara signifikan terhadap pengelolaan dana bos. Kata kunci : Transparansi, Akuntabilitas, Partisipasi Tenaga Pendidik, Kualitas Pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 – Technology > 650 Management & Public Relations > 658- Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Anisa Zulfa Nurfaizah
Date Deposited: 27 Dec 2022 07:24
Last Modified: 27 Dec 2022 07:24
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/2603

Actions (login required)

View Item View Item