PENGEMBANGAN MODUL PELAJARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL KELAS V SD/MI

Fajariyah, Nor Hikmah (2022) PENGEMBANGAN MODUL PELAJARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL KELAS V SD/MI. Skripsi thesis, Universitas wiraraja Madura.

[img] Text (Abstrak)
file 3.pdf

Download (88kB)
[img] Text (BAB I)
file 4.pdf

Download (170kB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan salah satunya berdampak pada dunia pendidikan sehingga pendidikan berorientasi pada kecakapan abad 21 yang menuntut siswanya untuk memiliki keterampilan 4C. Sehingga dalam hal ini diperlukan konsep pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan tersebut, yaitu konsep pembelajaran matematika. Dalam mewujudkan konsep perkembangan tersebut, siswa membutuhkan bahan ajar atau sarana dalam kegiatan pembelajaran agar kegiatan pembelajaran menjadi menyenangkan. Modul pelajaran matematika menjadi salah satu alternatif yang digunakan sebagai bahan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan menjadi lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R & D (Research and Development) dengan tahap penelitian model Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh Sugiono yang terdiri dari 7 tahap penelitian karena keterbatasan waktu, biaya dan juga dampak dari pandemic covid- 19. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pengembangan modul materi operasi hitung pecahan kelas V SD/MI(2) mengetahui respon siswa terhadap pengembangan modul pelajaran matematika materi operasi hitung pecahan berbasis pendekatan kontekstual kelas V SD/MI. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar. Instrumen pada penelitian ini berupa instrumen validasi produk dan respon siswa, adapun skala analisis data yang digunakan yaitu skala likert dan skala guttman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan dalam penelitian ini dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran, hal ini beradasarkan validasi desain media dan materi dengan persentase berturut-turut sebesar 95% dan 100% dengan kriteria “Sangat Layak”. (2) hasil respon siswa atau uji coba produk terhadap 5 orang siswa sekolah dasar diperoleh nilai dengan persentase sebesar 96% dengan kriteria “Sangat Baik”. Maka dapat disimpulkan bahwa bahan ajar modul pelajaran matermatika materi operasi hitung pecahan berbasis pendekatan kontekstual dapat dinyatakan layak dan sesuai untuk digunakan sebagai bahan ajar. Kata Kunci: Modul Matematika, Berbasis Pendekatan Kontekstual

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 – Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: isna wati isna
Date Deposited: 27 Dec 2022 03:58
Last Modified: 27 Dec 2022 03:58
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/2595

Actions (login required)

View Item View Item