Hasana, Uswatun (2022) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR PADA PELAJARAN IPS TEMA 2 KELAS V MI MIFTAHUNNAJAH TENNONAN. Skripsi thesis, Universitas wiraraja Madura.
Text (Abstrak)
File 3 Skripsi Uswatun Hasana.pdf Download (223kB) |
|
Text (BAB I)
File 4 Skripsi Uswatun Hasana.pdf Download (552kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran buku cerita bergambar pembelajaran IPS materi Upaya dalam Mempertahankan Kemerdekaan. Untuk bisa digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (Research and Development). Model yang digunakan 4- D (four-D) Thiagarajan, tetapi dalam penelitian ini hanya menggunakan 3-D karena keterbatasan waktu penelitian. Ujicoba yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan ujicoba awal dengan subjek uji coba siswa kelas V Sekolah Dasar yang berjumlah 11 siswa. Hasil penelitian pengembangan ini dapat dilihat dari hasil validasi ahli berupa angket dan respon siswa yang menggunakan sekala guatman. Hasil dari validasi ahli desain mendapatkan nilai persentase sebanyak 88%, sedangkan hasil yang diperoleh dari ahli materi sebesar 96%. Respon siswa mendapatkan respon positif yang mendapat nilai sebesar 80%. Dari data tersebut maka pengembangan media pembelajaran buku cerita bergambar pembelajaran IPS materi Upaya dalam Mempertahankan Kemerdekaan kelas V MI Miftahunnajah Tenonan dinyatakan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar. Kata Kunci : Pengembangan, Buku Cerita Bergambar, Pembelajaran IPS
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | isna wati isna |
Date Deposited: | 27 Dec 2022 03:52 |
Last Modified: | 27 Dec 2022 03:52 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/2594 |
Actions (login required)
View Item |