Azizah, Isnaini (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI LINGKUNGAN SEHAT DAN TIDAK SEHAT SISWA KELAS 3 SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas wiraraja Madura.
Text (Abstrak)
file 3. skripsi.pdf Download (103kB) |
|
Text (BAB I)
file 4. skripsi.pdf Download (190kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran video animasi berbasis Contextual Teaching and Learning materi lingkungan sehat dan tidak sehat. Untuk bisa digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (Research and Development). Model yang digunakan 4- D (four-D) namun yang digunakan hanya tiga tahapan saja, dikarenakan keterbatasan waktu. Ujicoba yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan ujicoba awal dengan skala besar. Subjek uji coba dalam penelitian ini yaitu siswa kelas 3 Sekolah Dasar yang berjumlah 11 siswa. Hasil penelitian pengembangan ini dapat dilihat dari hasil validasi ahli berupa angket dan respon siswa yang menggunakan sekala guatman. Hasil dari validasi ahli desain mendapatkan nilai persentase sebanyak 88% . Sedangkan hasil yang diperoleh dari ahli materi sebesar 96%. Dan respon siswa mendapatkan respon positif yang mendapat nilai sebesar 80%. Dari data tersebut maka pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis Contextual Teaching and Learning pada materi lingkungan sehat dan tidak sehat siswa kelas 3 Sekolah Dasar dinyatakan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar. Kata Kunci : pengembangan Video animasi, Contextual Teaching Learning
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | isna wati isna |
Date Deposited: | 27 Dec 2022 03:34 |
Last Modified: | 27 Dec 2022 03:34 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/2590 |
Actions (login required)
View Item |