Aisyah, Sitti (2022) PENGEMBANGAN MEDIA MEMATANG (MENGENAL MATA UANG) BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas wiraraja Madura.
Text (Abstrak)
FILE 3.pdf Download (212kB) |
|
Text (BAB I)
FILE 4.pdf Download (227kB) |
Abstract
Kemajuan teknologi yang semakin pesat menjadi tantangan tersendiri bagi seorang guru untuk mampu mencipatakan sarana penyampai materi yaitu media dengan menyelaraskan kebudayaan sehingga siswa tidak hanya mampu menguasai materi namun juga mengenal dan melestarikan budaya lokal. media MEMATANG (Mengenal Mata Uang) berbasis kearifan lokal dapat menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan antusias belajar siswa. Media tersebut merupakan adaptasi dari permainan tradisional wel-juelen yang dikembangkan menjadi media dengan ciri khas Kabupaten Sumenep. Model yang digunakan pada penelitian ini yaitu Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh Sugiyono (2014) yang terdiri dari 10 tahapan, namun karena keterbatasan waktu, biaya dan dampak pandemi covid-19 peneliti hanya melakukan 7 tahap penelitian. Penelitian bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pengembangan media MEMATANG (Mengenal Mata Uang) berbasis kearifan lokal sebagai alternatif belajar siswa (2) mengetahui respon siswa mengenai pengembangan media MEMATANG (Mengenal Mata Uang) berbasis kearifan lokal sebagai media pembelajaran alternatif bagi siswa Sekolah Dasar. Subjek yang digunakan pada peneltian ini yaitu siswa kelas II Sekolah dasar di SDN Nambakor I dengan instrumen penelitian berupa validasi produk, respon siswa dan observasi. Adapun skala analisis data menggunakan skala likert dan guttman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan dalam penelitian media MEMATANG (Mengenal Mata Uang) berbasis kearifan lokal ini dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran, hal ini berdasarkan perolehan persentase dari validasi materi 97%, 86% validasi media dan persentase lembar petunjuk sebesar 84% dengan kriteria “Sangat Layak”. (2) hasil uji coba produk dilakukan kepada 8 orang siswa kelas II dengan perolehan persentase sebesar 95% termasuk kategori “Sangat Baik”. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa media MEMATANG (Mengenal Mata Uang) berbasis kearifan lokal dinyatakan layak dan bisa digunakan sebagai media alternatif belajar bagi guru dan siswa. Kata Kunci: Media, MEMATANG (Mengenal Mata Uang), kearifan lokal
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | isna wati isna |
Date Deposited: | 27 Dec 2022 03:16 |
Last Modified: | 27 Dec 2022 03:16 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/2588 |
Actions (login required)
View Item |