PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI KELAS III

Hasana, Rifatul (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI KELAS III. Skripsi thesis, Universitas wiraraja Madura.

[img] Text (Abstrak)
File 3.pdf

Download (97kB)
[img] Text (BAB I)
File 4.pdf

Download (182kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Pembelajaran Materi Perubahan Wujud Benda Dengan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Di Kelas III, sebagai media pembelajaran pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan ini menggunakan penelitian pengembangan (Research Dan Development). Model yang digunakan menggunakan 4-D (Four-D). Akan tetapi dalam penelitian ini hanya menggunakan tiga tahap saja yaitu tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design) dan tahap pengembangan (Development). Tahap penyebaran (disseminate) tidak digunakan karena adanya keterbatasan dalam penelitian. Modul pembelajaran yang dikembangkan memuat materi perubahan wujud benda dengan pendekatan pembelajaran kontekstual di kelas III. Uji coba yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji coba skala besar. Subjek uji coba penelitian ini adalah 6 siswa kelas III SDN Beluk Kenek 1. Hasil penelitian pengembangan ini bisa dilihat dari hasil validasi ahli berupa skala likert dan respon siswa menggunakan skala ghuttman. Hasil dari validasi materi mendapatkan persentase sebesar 96% dengan kategori sangat layak. Hasil dari validasi desain produk mendapatkan persentase 93% dengan kategori sangat layak. Respon siswa mendapatkan respon positif pada uji coba skala besar yang dapat dilihat dari rata-rata sebesar 97% dengan kategori sangat baik. Dari data tersebut maka Modul Pembelajaran materi perubahan wujud benda dengan pendekatan pembelajaran kontekstual di kelas III dinyatakan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran pada saat proses belajar mengajar. Kata Kunci: Modul Pembelajaran Kontekstual

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 – Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: isna wati isna
Date Deposited: 26 Dec 2022 03:03
Last Modified: 26 Dec 2022 03:03
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/2583

Actions (login required)

View Item View Item