Pengaruh Kepercayaan Konsumen, Kemudahan Akses dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Marketplace Shopee (Studi kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wiraraja)

Fandiyah, Meisy Putri (2022) Pengaruh Kepercayaan Konsumen, Kemudahan Akses dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Marketplace Shopee (Studi kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wiraraja). Skripsi thesis, Universitas Wiraraja Madura.

[img] Text (ABSTRAK)
FILE 3.pdf

Download (104kB)
[img] Text (BAB1)
FILE 4.pdf

Download (235kB)

Abstract

Internet telah banyak memberikan kontribusi dalam perkembangan setiap sektor kehidupan masyarakat terutama pada sektor perekonomian. Kemudahan akses serta efisiensi waktu seringkali menjadi pertimbangan konsumen dalam menentukan keputusan pembelian secara online. Shopee merupakan salah satu marketplace jual beli online. Sebagian besar pengguna marketplace shopee aktif adalah kalangan pelajar dan mahasiswa. Adapun faktor yang dianggap mempengaruhi keputusan pembelian seorang konsumen yaitu kepercayaan konsumen, kemudahan akses dan keragaman produk yang di tawarkan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kepercayaan konsumen, kemudahan akses dan keragaman produk pada shopee terhadap keputusan pembelian Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wiraraja. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif yang pasti. Penelitian ini menggunakan 100 responden dengan strategi pengumpulan informasi, tepatnya Purposive Sampling. Prosedur penyidikan yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian mengingat uji ttest ini menunjukkan bahwa kepercayaan konsumen, kemudahan akses dan keragaman produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian secara online pada marketplace shopee. Sedangkan berdasarkan hasil analisis output determinan Adjusted R2 sebesar 62,8% hasil keputusan pembelian dipengaruhi oleh kepercayaan konsumen, kemudahan akses dan keragaman produk. Sedangkan 37,2% dipengaruhi faktor lain di luar dari ketiga faktor diatas. Kata Kunci; Kepercayaan Konsumen, Kemudahan Akses, Keragaman Produk, Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 – Technology > 650 Management & Public Relations > 658- Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Anisa Zulfa Nurfaizah
Date Deposited: 22 Dec 2022 07:28
Last Modified: 22 Dec 2022 07:28
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/2567

Actions (login required)

View Item View Item