Perdayanti, Dela (2022) PENGEMBANGAN VIDEO EDUKASI “JEJAK SI JENA JONI” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA KELAS IV DI SEKOLAH DASA. Skripsi thesis, Universitas wiraraja Madura.
Text (Abstrak)
3.pdf Download (169kB) |
|
Text (BAB I)
4.pdf Download (220kB) |
Abstract
. Revolusi di era globalisasi yang terus berkembang, baik dalam bidang informai, transportasi, komunikasi dan teknologi yang menjadikan manusia mampu mengetahui segala yang terjadi di muka bumi melalui internet. Setiap segi kehidupan berkaitan dengan teknologi. Begitu pula dengan dunia pendidikan yang selalu berkaitan dengan teknologi. Video edukasi menjadi salah satu alternatif belajar siswa yang dapat guru pilih untuk meningkatkan antusias belajar siswa. Dengan menggunakan metode penelitian R & D (Research and Development) dengan tahapan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh Sugiono (2014) yang terdiri dari 10 tahapan, namun pada penelitian ini hanya dilakukan sampai 7 tahapan hal ini sebabkan karena keterbatasan waktu, biaya dan dampak pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pengembangan Video Edukasi Jejak si Jena Joni sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Keberagaman Budaya Siswa Kelas IV Sekolah Dasar (2) mengetahui respon siswa terhadap pengembangan Video Edukasi Jejak si Jena Joni sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Keberagaman Budaya Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV. Instrument pada penelitian ini berupa instrument validasi produk dan respon siswa, adapun skala analisis data menggunakan skala likert dan guttman. Pembuatan video ini menggunakan aplikasi Capcut dan Wondershare Filmora Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan dalam penelitian ini dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran, hal ini berdasarkan hasil dari validasi desain media dan materi dengan persentase berturut-turut sebesar 95%, 94% dengan kriteria “Sangat Layak”. (2) hasil uji coba produk kepada 8 orang siswa kelas IV diperoleh nilai persentase respon siswa sebesar 95,7% dengan kriteria “Sangat Baik”. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video edukasi jejak si Jena Joni dapat dinyatakan layak dan sesuai untuk digunakan sebagai alternatif belajar bagi guru dan siswa. Kata Kunci : Video Edukasi, Keberagaman Budaya
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | isna wati isna |
Date Deposited: | 23 Dec 2022 04:36 |
Last Modified: | 23 Dec 2022 04:36 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/2559 |
Actions (login required)
View Item |