PENGEMBANGAN KOMIK EDUKASI “DETEKTIF SAINS” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN LITERASI SAINS KELAS V SEKOLAH DASAR

Sativa, Trista Oryza (2022) PENGEMBANGAN KOMIK EDUKASI “DETEKTIF SAINS” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN LITERASI SAINS KELAS V SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas wiraraja Madura.

[img] Text (Abstrak)
FILE 3_TRISTA.pdf

Download (432kB)
[img] Text (BAB I)
FILE 4_TRISTA.pdf

Download (496kB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan salah satunya berdampak pada dunia pendidikan sehingga pendidikan berorientasi pada kecakapan abad 21 yang menuntut siswanya untuk memiliki keterampilan 4C. Sehingga dalam hal ini diperlukan konsep pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan tersebut, yaitu konsep pembelajaran literasi sains. Dalam mewujudkan konsep pembelajaran tersebut, siswa membutuhkan media atau sarana dalam kegiatan pembelajaran agar kegiatan pembelajaran menjadi menyenangkan. Komik edukasi menjadi salah satu alternatif yang digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan menjadi lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R & D (Research and Development) dengan tahap penelitian model Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh Sugiono yang terdiri dari 7 tahap penelitian karena keterbatasan waktu, biaya dan juga dampak dari pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pengembangan komik edukasi “Detektif Sains” sebagai media pembelajaran (2) mengetahui respon siswa terhadap pengembangan komik edukasi “Detektif Sains” sebagai media pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar. Instrumen pada penelitian ini berupa instrumen validasi produk dan respon siswa, adapun skala analisis data yang digunakan yaitu skala likert dan skala guttman. Dalam pembuatannya, aplikasi yang digunakan seperti medibangpaint photoshop cs3 dan canva. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan dalam penelitian ini dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran, hal ini beradasarkan validasi desain media dan materi dengan persentase berturut-turut sebesar 94% dan 92% dengan kriteria “Sangat Sesuai” dan “Tidak Revisi”. (2) hasil respon siswa atau uji coba produk terhadap 8 orang siswa sekolah dasar diperoleh nilai dengan persentase sebesar 95% dengan kriteria “Sangat Baik”. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran komik edukasi “Detektif Sains” dapat dinyatakan layak dan sesuai untuk digunakan sebagai alternatif media pembelajaran. Kata Kunci: Komik Edukasi, Detektif Sains

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 – Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: isna wati isna
Date Deposited: 23 Dec 2022 04:37
Last Modified: 23 Dec 2022 04:37
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/2558

Actions (login required)

View Item View Item