PENGEMBANGAN BANK SOAL DIGITAL BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATERI IPA KELAS VII SMP NEGERI 2 KALIANGET

Rosanti, Tina (2022) PENGEMBANGAN BANK SOAL DIGITAL BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATERI IPA KELAS VII SMP NEGERI 2 KALIANGET. Skripsi thesis, Universitas wiraraja Madura.

[img] Text (ABSTRAK)
TINA ABSTRAK.pdf

Download (101kB)
[img] Text (BAB I)
TINA BAB I.pdf

Download (316kB)

Abstract

Permasalahan penelitian yaitu, guru IPA SMPN 2 Kalianget belum menerapkan bank soal digital berbasis HOTS dalam kegiatan evaluasi pembelajaran sehingga kemampuan HOTS peserta didik rendah. Tujuan penelitian yaitu, mengetahui validitas bank soal digital berbasis HOTS, mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap bank soal digital berbasis HOTS dan mengetahui analisis kemampuan peserta didik setelah menggunakan bank soal digital berbasis HOTS. Penelitian ini menggunakan model 4-D. Teknik analisis data penelitian persentase skala likert, N-gain dan uji Wilcoxon. Hasil validitas produk bank soal digital berbasis HOTS dikategorikan sangat valid memperoleh nilai 93,9% ditinjau dari aspek materi, kontruksi dan bahasa. Hasil respon guru dan peserta didik kelas VII diketahui mendapatkan respon positif dengan kategori sangat baik dan baik terhadap bank soal digital berbasis HOTS pada Materi IPA semester genap. Hasil analisis kemampuan HOTS menggunakan N-gain memperoleh nilai 0,66 dengan kategori sedang, berdasarkan hasil uji Wilcoxon, terdapat perbedaan rata-rata pretest dan postest. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa bank soal digital berbasis HOTS layak digunakan oleh peserta didik dan guru, serta cukup efektif meningkatkan kemampuan HOTS peserta didik. Kata kunci : Bank soal, HOTS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 – Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA
Depositing User: isna wati isna
Date Deposited: 09 Nov 2022 03:04
Last Modified: 24 Nov 2022 07:56
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/2464

Actions (login required)

View Item View Item