Sari, Inika (2022) PENGEMBANGAN MODUL LITERASI DAN NUMERASI SAINS BERBASIS PjBL TERINTEGRASI STEM PADA MATERI IPA SMP KELAS VIII. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja Madura.
Text (ABSTRAK)
FILE 3.pdf Download (147kB) |
|
Text (BAB 1)
FILE 4.pdf Download (371kB) |
Abstract
Modul literasi dan numerasi sains berbasis PjBL terintegrasi STEM merupakan bahan ajar yang dikemas untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi sains peserta didik. Kemampuan literasi dan numerasi sains dibutuhkan seluruh peserta didik agar dapat mengembangkan kemampuan diri sendiri serta berperan aktif dalam masyarakat pada kegiatan yang bernilai positif. Modul literasi dan numerasi sains berbasis PjBL terintegrasi STEM juga dapat menjadi bahan ajar alternatif bagi peserta didik agar dapat belajar secara mandiri. Tujuan penelitian sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui validitas produk modul literasi dan numerasi sains berbasis PjBL terintegrasi STEM pada materi IPA untuk peserta didik kelas VIII; (2) Untuk mengetahui efektivitas modul literasi dan numerasi sains berbasis PjBL terintegrasi STEM pada materi IPA kelas VIII sebagai sumber belajar peserta didik dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi sains peserta didik kelas VIII; (3) Untuk mengetahui respon guru pada produk modul literasi dan numerasi sains berbasis PjBL terintegrasi STEM pada materi IPA yang telah dikembangkan; dan (4) Untuk mengetahui respon peserta didik pada produk modul literasi dan numerasi sains berbasis PjBL terintegrasi STEM pada materi IPA yang telah dikembangkan. Subjek penelitian adalah guru IPA dan peserta didik kelas VIII SMPN 4 Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research dan Development dan model pengembangan four-D. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) validitas modul memperoleh hasil pencapaian sebesar 87% termasuk dalam kategori sangat layak; (2) hasil efektivitas menunjukkan bahwa modul efektif digunakan sebagai sumber belajar peserta didik dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi sains peserta didik kelas VIII. Hasil uji efektivitas (uji-t) pada data pre-test dan post-test memperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05; (3) respon guru terhadap modul yang telah dikembangkan memperoleh persentase nilai respon sebesar 95%, termasuk dalam kriteria sangat baik; dan (4) respon peserta didik terhadap modul yang telah dikembangkan memperoleh persentase nilai respon sebesar 81%, termasuk dalam kategori sangat baik. Kata Kunci: Modul, Literasi Sains, Numerasi Sains, PjBL, STEM
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA |
Depositing User: | Anisa Zulfa Nurfaizah |
Date Deposited: | 09 Nov 2022 02:00 |
Last Modified: | 09 Nov 2022 02:00 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/2456 |
Actions (login required)
View Item |