PENGEMBANGAN E-MODUL IPA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP KELAS VII

Mariyanti, Winda (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL IPA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP KELAS VII. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja Madura.

[img] Text (abstrak)
WINDA ABSTRAK.pdf

Download (188kB)
[img] Text (BAB 1)
WINDA BAB I.pdf

Download (137kB)

Abstract

Permasalahan yang dialami oleh siswa kelas VII-B SMPN 4 Sumenep yaitu minimnya bahan ajar yang dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir kritis serta dapat dipelajari secara mandiri oleh siswa selama pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui kriteria validasi E-modul IPA berbasis pendekatan kontekstual yang dikembangkan; 2) untuk mengetahui respon siswa terhadap E-modul IPA berbasis pendekatan kontekstual yang dikembangkan;. 3) untuk mengetahui respon guru terhadap E-modul IPA berbasis pendekatan kontekstual yang dikembangkan; dan 4) untuk mengetahui keefektifan penggunaan E-modul IPA berbasis pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Subyek penelitian ini adalah guru IPA dan siswa kelas VII-B SMPN 4 Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development dan model pengembangan 4D oleh (Thiagarajan, 1974). Teknik analisis data yang digunakan yaitu persentase untuk validasi produk dan respon serta N-gain untuk efektifitas produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) validasi E-modul IPA berbasis pendekatan kontekstual memperoleh persentase nilai pencapaian 91,92% yang termasuk dalam kriteria validasi sangat tinggi dengan keterangan valid untuk diujicoba; 2) E-modul IPA berbasis pendekatan kontekstual memperoleh persentase nilai respon 93,81% dengan kriteria penafsiran respon sangat kuat, sehingga E-modul yang dikembangkan baik dan layak untuk dijadikan sebagai bahan ajar penunjang bagi siswa. 3) E-modul IPA berbasis pendekatan kontekstual memperoleh persentase nilai respon 92,71% dengan kriteria penafsiran respon sangat kuat, sehingga E-modul yang dikembangkan baik dan layak untuk dijadikan sebagai bahan ajar penunjang bagi siswa; 4) efektifitas E-modul IPA berbasis pendekatan kontekstual termasuk dalam kategori cukup efektif dengan perolehan persentase rata-rata nilai N-gain 58,68%. Kata Kunci: Bahan Ajar Mandiri, E-modul, Pendekatan Kontekstual, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 – Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA
Depositing User: Anisa Zulfa Nurfaizah
Date Deposited: 07 Nov 2022 04:08
Last Modified: 07 Nov 2022 04:08
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/2451

Actions (login required)

View Item View Item