ANALISIS YURIDIS PEMBELIAN BARANG MELALUI E-COMMERCE YANG TIDAK SESUAI PESANAN

HANAFI, IMAM (2022) ANALISIS YURIDIS PEMBELIAN BARANG MELALUI E-COMMERCE YANG TIDAK SESUAI PESANAN. Skripsi thesis, Universitas wiraraja Madura.

[img] Text (Abstrak)
FILE 3.pdf

Download (101kB)
[img] Text (Bab I)
FILE 4.pdf

Download (200kB)

Abstract

Kegiatan perdagangan di masyarakat telah berkembang sangat pesat. Hal tersebut dipengaruhi salah satunya dengan berkembangnya teknologi yang berbasis internet yang dikenal dengan nama e-commerce. E-commerce merupakan bentuk perdagangan yang mempunyai karakteristik tersendiri yaitu perdagangan yang melintasi batas negara, tidak bertemunya penjual dan pembeli, media yang dipergunakan internet.Kondisi tersebut di satu sisi sangat menguntungkan konsumen, karena mempunyai banyak pilihan untuk mendapatkan barang dan jasa tetapi di sisi lain pelanggaran akan hak – hak konsumen sangat riskan terjadi karena karakteristik e-commerce yang khas. Maka dari itu sangat diperlukan perlindungan hukum terhadap konsumen dalam transaksi ecommerce. Adapun rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini Bagaimana perlindungan hukum bagi konsumen yang barangnya tidak sesuai dengan pesanan dan Bagaimana Pertanggungjawaban hukum bagi penjual E-commerce, apabila barang yang dipesan tidak sesuai dengan deskripsi toko. Adapun tujuan dari penulisan skripsi ini ialah untuk mendapatkan solusi dari rumusan masalah tersebut. Metode penelitian dalam penulisan skirpsi ini ialah normatif dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan dengan beberapa sumber bahan hukum primer dan sekunder, serta penelusuran bahan hukum melalui perundangundangan dan literarur lainnya. Perlindungan hukum terhadap konsumen diatur dengan Undang – undang No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.Undang – undang ini diharapkan dapat menjamin kepastian hukum terhadap konsumen dalam bertransaksi e-commerce. Serta pertanggujawaban pelaku usaha terhadap konsumen harus dipenuhi sesuai dengan ketentuan dan aturan yang ada. Keterbatasan pengertian pelaku usaha yang hanya khusus berada di wilayah negara Republik Indonesia. Dan keterbatasan akan hak – hak konsumen yang diatur dalam UUPK. Kedua perlindungan hukum terhadap konsumen yang seharusnya diatur meliputi perlindungan hukum dari sisi pelaku usaha, dari sisi konsumen, dari sisi produk, dari sisi transaksi. Ketiga permasalahan permasalahan yang timbul dalam perlindungan hukum terhadap konsumen terdapat 2 (dua) permasalahan yaitu pertama permasalahan yuridis,meliputi keabsahan perjanjian menurut KUHPerdata. Kata kunci : Jual Beli, E-commerce. Perlindungan Konsumen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 – Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: isna wati isna
Date Deposited: 26 Oct 2022 07:06
Last Modified: 28 Nov 2022 07:51
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/2398

Actions (login required)

View Item View Item