STANDARISASI HELM BERLABEL SNI DITINJAU DARI UNDANGUNDANG Nomor. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

TRUNO, DWI FADHILAH YUDO (2016) STANDARISASI HELM BERLABEL SNI DITINJAU DARI UNDANGUNDANG Nomor. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_HAL PENGESAHAN DWI..pdf

Download (50kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1_SKRIPSI DWI FADHILAH.pdf

Download (171kB)

Abstract

Peranan hukum dalam perlindungan konsumen saat ini memberikan rasa aman kepada seorang konsumen yang akan mengkonsumsi atau membeli suatu barng yang diproduksi. Perlindungan bagi konsumen dituangkan dalam undangundang Perlindungan Konsumen, dalam peraturan perundang-undangan tersebut dijelaskan hak-hak yang harus dipenuhi oleh produsen terhadap konsumen agar seorang konsumen merasa nyaman dan aman dalam memilih suatu barang. Hak dari konsumen yang wajib dipenuhi misalnya seorang produsen harus beritikad baik dalam melayani konsumen dan juga seorang konsumen berhak mencoba atau menguji barang yang akan dibeli dari produsen. Seorang konsumen mendapat perlindungan hukum dari pemerintah sejak dari saat akan membeli suatu barang produksi hingga apa yang akan ditimbulkan oleh barang yang sudah dibeli, berdasarkan uraian diatas penulis menarik permasalahan-permasalahan mengenai perlindungan konsumen tentang helm yang berlabel SNI (Standar Nasional Indonesia) yaitu bagaimana standarisasi helm yang berlabel Standar Nasional Indonesia serta pengawasan Pemerintah terhadap kualitas helm yang berlabel Standar Nasional Indonesia, dan bagaimana kualitas helm yang tidak memenuhi standar Standar Nasional Indonesia jika dilihat dari undang - undang perlindungan konsumen. Penulis pada skripsi ini memiliki tujuan untuk mengkaji dan menganalisis pengawasan dari Pemerintah terhadap penjaminan kualitas helm yang berlabel Standar Nasional Indonesia dan jika terjadi permasalahan kualitas helm yang tidak memenuhi standar Standar Nasional Indonesia jika dilihat dari undang - undang perlindungan konsumen. Penulis dalam mengerjakan skripsi ini menggunakan metode penelitian normatif, yang mana pada metode ini menggunakan pendekatan kepustakaan, dalam skripsi ini sumber referensinya berasal dari buku-buku, undang-undang juga internet. Hasil yang ditemukan yaitu bahwa standarisasi helm sebagai alat kelengkapan dalam berkendara sangatlah penting untuk menjamin keamanan pengendara dari kecelakaan. Peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang perlindungan konsumen dalam dirasa kurang efektif, dikarenakan masih banyak helm yang beredar dipasaran yang masih belum berstandar SNI meskipun sudah jelas ada aturan yang mengatur dan ada sanksi yang akan diterima jika pelaku usaha masih memproduksi helm yang dibawah standar SNI atau tidak layak pakai. Penulis berkesimpulan bahwa perlindungan konsumen merupakan segala upaya yang menjamin adanya kepastian hukum untuk member perlindungan kepada konsumen, konsumen dilindungi dari setiap tindakan produsen barang atau jasa, importer, distributor penjual dan setiap pihak yang berada dalam jalur perdagangan barang atau jasa ini, yang pada umumnya disebut dengan nama pelaku usaha. Undang-undang yang mengatur tentang perlindungan konsumen akan memberikan sanksi yang tegas pada pelaku usaha produksi helm sebagaimana yang dijelaskan undang-undang perlindungan konsumen. Kata Kunci : Standarisasi dan Perlindungan Konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 – Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Anisa Zulfa Nurfaizah
Date Deposited: 14 Sep 2022 03:00
Last Modified: 14 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/2277

Actions (login required)

View Item View Item