Sugiarto, Rifki (2021) DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP KESEHATAN MENTAL DAN PRESTASI BELAJAR DI SMA NU SUMENEP. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
Text (Abstrak)
FILE 3.pdf Download (325kB) |
|
Text (Bab 1)
FILE 4.pdf Download (645kB) |
Abstract
Intensitas bermain gameonline yang tinggi dapat membuat kecanduan yang memberikan dampak negatif. Kecanduan game online dapat menurunkan prestasi belajar siswa dan untuk pertama kalinya juga menetapkan kecanduan game sebagai penyakit gangguan mental (Kemenkes, 2018). Tujuan penelitian untuk mengetahui dampak game online terhadap kesehatan mental dan prestasi belajar di SMA NU Sumenep. Jenis penelitian cross sectional Variabel independen game online, variabel dependen kesehatan mental dan prestasi belajar. Waktu penelitian satu bulan di SMA NU Sumenep, Populasi 74 orang, sampel 63 orang, teknik sampling menggunakan simple random sampling. Uji satastistik menggunakan rank spearman. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan pada variable kesehatan mental p value 0,000 < 0,05 yang bermakna kecanduan game online berdampak terhadap kesehatan mental. Pada variabel prestasi belajar p value 0,000 < 0,05 yang yang bermakna kecanduan game online berdampak terhadap prestasi belajar. Perawat bekerjasama dengan orang tua dan sekolah untuk menginisiasi perubahan perilaku remaja yang candu terhadap game online. Perubahan dilakukan dengan mengkompensasi perilaku yang dapat mengalihkan keinginan untuk bermain game online dengan melakukan olahraga. Kata kunci: Game Online, Kesehatan Menta dan Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 600 – Technology > 610 Medicine & Health |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan |
Depositing User: | Anisa Zulfa Nurfaizah |
Date Deposited: | 12 Sep 2022 03:06 |
Last Modified: | 17 Nov 2022 02:46 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/2174 |
Actions (login required)
View Item |