Pengaruh Supportive Edukatif Berbasis Caring Terhadap Kualitas Hidup Penderita Hipertensi Di Wilayah Puskesmas Pragaan

Syafitri, Pipit Putri (2022) Pengaruh Supportive Edukatif Berbasis Caring Terhadap Kualitas Hidup Penderita Hipertensi Di Wilayah Puskesmas Pragaan. Skripsi thesis, Universitas wiraraja.

[img] Text (abstrak)
FILE 3.pdf

Download (24kB)
[img] Text (Bab I)
FILE 4.pdf

Download (112kB)

Abstract

Pendahuluan: Kualitas hidup merupakan persepsi individu tentang keberadaannya di kehidupan dalam konteks budaya dan sistem nilai tempat ia tinggal yang meliputi domain aktifitas fisik, psikologis, sosial dan lingkungan. Strategi intervensi sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kesadaran dan perawatan diri. Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh supportive edukatif berbasis caring terhadap kualitas hidup penderita hipertensi . Metode: Desain penelitian ini adalah quasy experimental. Populasi yaitu seluruh penderita hipertensi sebanyak 60 orang dengan simple random sampling, jumlah sampel sebanyak 60 orang terbagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok perlakuan sebanyak 30 orang diberikan intervensi supportive edukatif berbasis caring dan sebanyak 30 orang kelompok kontrol diberikan pamflet tentang penyakit hipertensi. Hasil: penelitian berdasarkan uji Wilcoxon skor kualitas hidup pada kelompok perlakuan setelah diberikan intervensi yaitu p=0.000.Hasil penelitian ini menunjukkan intervensi supportive edukatif berbasis caring efektif meningkatkan kualitas hidup penderita hipertensi, intervensi ini bisa menjadi upaya promotif untuk meningkatkan perawatan mandiri pada penderita hipertensi. Kesimpulan : Terdapat pengaruh supportive edukatif berbasis caring terhadap kualitas hidup penderita hipertensi Kata kunci: Kualitas Hidup, Hipertensi, Supportive Edukatif, Caring

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 – Technology > 610 Medicine & Health
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: isna wati isna
Date Deposited: 12 Sep 2022 03:04
Last Modified: 13 Dec 2022 04:02
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/2121

Actions (login required)

View Item View Item