Febrianty, Nuril Firda (2023) PENGARUH BRAIN GYM TERHADAP PENINGKATAN DAYA INGAT JANGKA PENDEK PADA LANSIA. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
Text (ABSTRAK)
FILE 3.pdf Download (271kB) |
|
Text (BAB1)
FILE 4.pdf Download (201kB) |
Abstract
Pendahuluan : Seiring penuaan terjadinya penurunan fungsi kognitif umumnya menyebabkan kurangnya keefektifan dalam proses mengingat. Penurunan daya ingat sering terjadi pada lanjut usia terutama setelah usia 40 tahun. Padahal, menurunnya fungsi kognitif ini juga akan mempengaruhi quality of life pada lansia tersebut. Maka perlu adanya metode-metode yang berguna untuk meningkatkan kemampuan memori dengan cara meningkatkan stimulasi otak contohnya Brain Gym atau Senam otak. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brain gym terhadap peningkatan daya ingat jangka pendek pada lansia Metode : Penelitian ini menggunakan desain Pre-Experimental Design. Populasi sebanyak 65 lansia dengan jumalh sampel yang didapat sebanyak 39 lansia menggunakan Purposive Sampling Hasil : Berdasarkan hasil uji satatistik menggunakan uji Wilcoxon diperoleh nilai alpha 0,000 (<0,05) artinya, terdapat pengaruh yang signifikan antara Brain Gym dengan peningkatan daya ingat lansia. Berdasarkan hasil pretest sebagian kecil lansia dengan kesalahan 0-3 senyank 8 lansia (20%) dan setelah posttest sebagian besar mengalami penginkatan sebanyak 20 lansia (52%) dengan kesalahan 0-3. Kesimpulan : Pada penelitian pretest dan posttest yang telan diuji Wilcoxon mendapatkan hasil berupa pengaruh Brain Gym yang signifikan terhadap daya ingat lansia. Kata kunci : Brain Gym, Daya Ingat, Lansia
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 600 – Technology > 610 Medicine & Health > 618.2 Obstetri, Obstetrik, Ilmu Kandungan, Ilmu Kebidanan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Kebidanan |
Depositing User: | Anisa Zulfa Nurfaizah |
Date Deposited: | 04 May 2023 02:32 |
Last Modified: | 04 May 2023 02:32 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/1844 |
Actions (login required)
View Item |