Kesulitan Belajar Siswa dan Faktor Penyebabnya Pada Materi Pencemaran Lingkungan kelas VII SMPN 1 Batang-Batang Selama Pandemi Covid-19

Romadhani, Fitri (2020) Kesulitan Belajar Siswa dan Faktor Penyebabnya Pada Materi Pencemaran Lingkungan kelas VII SMPN 1 Batang-Batang Selama Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.

[img] Text (ABSTRAK)
FILE 3.pdf

Download (63kB)
[img] Text (BAB1)
FILE 4.pdf

Download (135kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dan faktor penyebabnya pada materi pencemaran lingkungan kelas VII-1 secara online di SMPN 1 Batang-Batang selama pandemi covid 19. Sumber data dalam penelitian terdiri dari jenis data primer dan jenis data sekunder. Sumber data primer merupakan data yang diperoleh oleh penliti secara langsung seperti kuesioner, data hasil wawancara, dan observasi. Sedangkan sumber data sekunder merupakan data yang diperoleh dari sumber yang sudah ada. Hasil penelitian siswa yang tidak senang belajar materi pencemaran lingkungan yang disampaikan secara online dengan presentase 78,6% hal ini disebabkan perubahan pembelajaran yang dilakukan secara online, dan sebanyak 82,2% siswa juga tidak menyukai materi pencemaran lingkungan yang disampaikan secara online, karena pada saat pembelajaran online guru tidak memberikan penjelasan yang rinci, motivasi serta tidak ada kegiatan praktikum yang biasa dilakukan pada saat materi pencemaran lingkungan yang dilaksanakan di sekolah, hanya saja guru memberikan tugas setiap materi pencemaran lingkungan secara online dimulai. Kata Kunci: Kesulitan belajar, belajar online, Covid-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 – Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA
Depositing User: Anisa Zulfa Nurfaizah
Date Deposited: 26 May 2023 04:01
Last Modified: 26 May 2023 04:01
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/1826

Actions (login required)

View Item View Item