PENGEMBANGAN HANDOUT IPA BERBASIS LEARNING CYCLE 3E

Ekawati, Yeni (2019) PENGEMBANGAN HANDOUT IPA BERBASIS LEARNING CYCLE 3E. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.

[img] Text (Abstrak)
File_3_Abstrak.pdf

Download (125kB)
[img] Text (Bab I)
File_4_BAB 1.pdf

Download (334kB)

Abstract

Pembelajaran berkaitan dengan interaksi antara siswa, guru dan sumber belajar yang digunakan. Kegiatan pembelajaran identik dengan pembelajaran di dalam kelas yang memiliki banyak keterbatasan terutama media nyata dalam menyampaikan pembelajaran. Sehingga dikembangkan bahan ajar yang mengemas pembelajaran secara ringkas dan menjembatani pembelajaran di luar kelas untuk memudahkan siswa belajar mendalam melalui media nyata yang ditemui di luar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan materi dan desain handout IPA berbasis learning cycle 3e serta respon dari siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) model 4D yang di mulai dari Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), dan Development (Pengembangan). Hasil penelitian yang didapatkan dari validasi ahli materi sebesar 94,58% (kategori sangat layak) dan validasi ahli desain sebesar 91,67% (kategori sangat layak). Penyebaran angket respon siswa terkait desain produk memperoleh nilai rata-rata sebesar 98,06% (kategori sangat positif). Hasil validasi dan respon siswa terhadap handout IPA berbasis learning cycle 3e layak digunakan. Kata Kunci: Pengembangan, Handout, Learning Cycle 3E

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 – Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA
Depositing User: Anisa ZN
Date Deposited: 29 Nov 2021 06:59
Last Modified: 29 Nov 2021 06:59
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/1650

Actions (login required)

View Item View Item