IMPLEMENTASI MEDIA MIND MAP TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA KELAS VIII MTS AL-HUDA

Adzim, Hidayatul (2019) IMPLEMENTASI MEDIA MIND MAP TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA KELAS VIII MTS AL-HUDA. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.

[img] Text (Abstrak)
File 3.pdf

Download (65kB)
[img] Text (Bab I)
File 4.pdf

Download (151kB)

Abstract

Implementasi media mind map dapat meingkatkan prestasi belajar dan kreativitas peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan prestasi belajar dan kreativitas peserta didik setelah diterapkan media Mind Map di MTs Al-Huda. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII dengan jumlah 14 siswa, terdiri dari 9 siswa laki- laki dan 5 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan soal pilihan ganda (pre-test & post-test). Data prestasi belajar peserta didik dianalisis menggunakan perhitungan gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Keterlaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan dengan rata-rata pada siklus I sebesar 74% dan siklus II sebesar 84% dengan kategori sangat baik. (2) Prestasi belajar peserta didik setelah diterapkannya media Mind Map terjadi peningkatan dibuktikan berdasarkan nilai gain score pada siklus I dengan nilai 84 degnan kategori tinggi dan II dengan nilai 93 dengan kategori tinggi. Ada perbedaaan prestasi belajar berdasarkan uji t berpasangan dengan nilai -2,179. (3) kreativitas peserta didik mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 56% dengan kriteria kurang kreatif sehingga dilanjutkan kesiklus II dengan memperoleh presentase sebesar 79% dengan kriteria kreatif Kata Kunci: Mind Map, Prestasi Belajar, Kreativitas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 – Science > 500 Natural Science and Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA
Depositing User: Anisa ZN
Date Deposited: 24 Nov 2021 07:14
Last Modified: 24 Nov 2021 07:14
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/1599

Actions (login required)

View Item View Item