Hasanah, Uswatun (2020) PENGEMBANGAN MODUL ETNOSAINS DALAM PROSES PEMBUATAN TAPAI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
Text (Abstrak)
CD 2.pdf Download (216kB) |
|
Text (Bab I)
CD 4.pdf Download (434kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi bahwa masih sedikit guru yang menggunakan bahan ajar secara mandiri, pembelajaran sains belum ada kesinambungannya antara pengetahuan sains dengan permasalahan pada kehidupan sehari-hari. Hal tersebut dapat mengakibatkan pembelajaran kurang bermakna sehingga kemampuan literasi sains masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilka produk pengembangan modul etnosains dalam proses pembuatan tapai, mengetahui kelayakan dan mengkaji respon siswa kelas V di Mi Al-Ittihad Tanamerah terhadap modul etnosains dalam proses pembuatan tapai. Pada penelitian pengembangan ini diadaptasi dari sugiyono (2017) dengan Metode 10 langkah yaitu dari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk. Intrumen untuk pengambilan data yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi modul, materi, proses pembuatan tapai dan angket respon siswa. pada tahap uji coba kelayakan modul etnosains mendapatkan persentase 80%, materi 100%, dan proses pembuatan tapai 81% dengan kategori sesuai dan tidak revisi. Dengan adanya pandemi covid-19 ini peneliti hanya melakukan tahap uji coba awal yaitu dengan jumlah siswa sebanyak 3 siswa. Hasil respon siswa menunjukkan kriteria sangat baik 100%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul etnosains dalam proses pembuatan tapai untuk meningkatkan kemapuan literasi siswa. Kata Kunci : Modul, Etnosains,Kemampuan Literasi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Anisa ZN |
Date Deposited: | 23 Nov 2021 08:44 |
Last Modified: | 23 Nov 2021 08:44 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/1565 |
Actions (login required)
View Item |