PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL CEMPLĒNG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN KELAS III SEKOLAH DASAR

Ardiana, Yuli (2020) PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL CEMPLĒNG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN KELAS III SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.

[img] Text (Abstrak)
CD 2.pdf

Download (182kB)
[img] Text (Bab I)
CD 4.pdf

Download (281kB)

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sering dianggap sulit oleh siswa, salah satu faktornya disebabkan kurangnya metode atau media yang menarik saat pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengembangan permainan tradisional cemplēng dalam pembelajaran matematika materi operasi hitung campuran kelas III sekolah dasar, untuk mengkaji respon siswa terhadap pengembangan permainan tradisional cemplēng dalam pembelajaran matematika materi operasi hitung campuran kelas III sekolah dasar. Pada penelitian ini menggunakan model penelitian yang diadaptasi dari Sugiyono (2017), yang terdiri dari 10 langkah, akan tetapi karena adanya beberapa keterbatasan dan kendala, maka penelitian ini hanya terdiri dari 7 langkah. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah buku petunjuk permainan tradisional cemplēng, lembar wawancara, lembar observasi keterlaksanaan, lembar instrument kuesioner respon siswa, dan lembar validasi produk yang terdiri dari validasi materi, validasi permainan tradisional cemplēng, validasi buku petunjuk. pada tahap validasi diperoleh hasil validasi materi 100%, validasi permainan tradisional cemplēng 97%, dan validasi buku petunjuk 100%, dengan kategori semua validasi yaitu Sangat Layak. Adapun tahap uji coba dilakukan secara terbatas karena adanya pandemi covid-19 yaitu 4 siswa kelas III di desa Patean. Hasil respon menunjukkan kriteria sangat baik yaitu 97%, sehingga hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan permainan cemplēng layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci : Pengembangan, Permainan Tradisional Cemplēng

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 – Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Anisa ZN
Date Deposited: 23 Nov 2021 08:39
Last Modified: 23 Nov 2021 08:39
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/1564

Actions (login required)

View Item View Item