PENGEMBANGAN MEDIA PIMCA (PINTAR MEMBACA) UNTUK MEMBANTU MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SDN DUNGKEK I

Hadi, Syaihol (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PIMCA (PINTAR MEMBACA) UNTUK MEMBANTU MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SDN DUNGKEK I. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.

[img] Text (Abstrak)
CD 2.pdf

Download (271kB)
[img] Text (Bab I)
CD 4.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada saat ini di jaman modern HP Android sedang di gandrungi oleh hampir semua orang termasuk anak-anak walaupun di gunakan untuk nonton youtbe atau bermain game. Dengan adanya kesukaan anak-anak menggunakan HP maka peniliti membuat sebuah aplikasi belajar membaca yang di beri nama pimca (Pintar Membaca) yang dapat di instal pada HP Andorid yang mana bertujuan agar anak-anak bisa belajar membaca menggunakan HP supaya dapat digunakan sebagai media bermain sambil belajar. Pengembangan media Pimca (Pintar Membaca) melewati tahap validasi untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan, kelayakan materi dan mengkaji respon siswa terhadap produk yang dikembangkan. Penelitian ini merujuk model pengembangan 4D yang meliputi tahap define(pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), disseminate (penyebaran). Pada pengembangan ini hanyadilakukan dari tahap define(pendefinisian), design (perancangan), sampai tahapdevelopment (pengembangan). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi desain media, kelayakan materi. Hasil validasi desain media mendapatkan persentase sebesar 80% dari ahli desain media, validasi kelayakan materi mendapatkan hasil persentase 77% dari ahli kelayakan materiyang termasuk kategori sangat sesuai dan tidak revisi, Tahap ujicoba produk menghasilkan respon siswa dari 5 siswa kelas II sekolah dasar sebagai subjek uji coba penelitian. Hasil respon siswa menunjukkan kriteria sangat baik yaitu 94%. Sedangkan hasil respon guru menunjukkan kriteria sangat baik yaitu 100%. Berdasarkan hasil penelitian, maka disimpulkan bahwa Pengembangan media pimca (pintar membaca) layak digunakan sebagai media bermain sambil belajar karena telah lulus validasi dan mendapatkan respon baik dari siswa dan guru. Kata kunci: Pengembangan, Media,Pimca

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 – Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Anisa ZN
Date Deposited: 23 Nov 2021 08:25
Last Modified: 23 Nov 2021 08:25
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/1562

Actions (login required)

View Item View Item