PENGARUH GRANDPARENTING TERHADAP SELF REGULATED LEARNING SISWA SDN PAGARBATU I

Firmansyah, Andrie Dwi (2020) PENGARUH GRANDPARENTING TERHADAP SELF REGULATED LEARNING SISWA SDN PAGARBATU I. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.

[img] Text (Abstrak)
CD 2.pdf

Download (225kB)
[img] Text (Bab I)
CD 4.pdf

Download (174kB)

Abstract

Pengasuhan anak yang dilakukan oleh orang tua pengganti (grandparenting) banyak terjadi di desa pagarbatu. Sehingga yang terjadi adalah pengasukan anak sepenuhnya dilimpahkan kepada kakek nenek. Orang tua pergi bekerja ke luar kota bukan dengan sengaja meninggalkan tanggungjawabnya, akan tetapi karena tuntutan kebutuhan ekonomi yang harus dipenuhi. Kakek dan nenek yang sudah tua harus membagi waktu untuk mengasuh anak dan juga harus bekerja di ladang demi kehidupan sehari-hari. Namun hal ini, tidak membuat kakek dan nenek merasah lelah tapi mereka merasah ada kebahagiaan tersendiri, karena kehadiran cucu di rumah membuat mereka merasa terhibur dan terbantu. Tujuan dari penelirian ini adalah untuk mengetahui granparenting dan pengaruh grandparenting terhadap self regulated learning di SDN Pagarbatu I. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi self regulated learning, kuesionir grandparenting untuk siswa, kuesioner grandparenting untuk kakek-nenek dengan sampel sebanyak 30 siswa yang tinggal dengan kakek-nenek. Instrumen ini divalidasi oleh validator dan instrumen dikatakan valid dan layak untuk diuji cobakan. Nilai r tabel dengan N=30 dan signifikan 5% pada distribusi nilai r tabel statistik maka diperoleh nilai r tabel sebesar 0,361. Hasil uji validitas diketahui semua item nilainya < 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa semua item dalam kuesioner penelitian dikatakan valid dan dapat digunakan sebagai instrumen dalam penelitian. Hasil perhitungan uji reliabilitas pada tabel diatas menunjukkan bahwa nilai Cronbach Alpha > 0,60. Berdasarkan nilai koefisien reliabilitas tersebut dapat disimpulkan bahwa kuesioner grandparenting untuk kakek-nenek dan siswa dengan jumlah item sebanyak 30, dikatakan reliabel atau konsisten, sehingga dapat digunakan sebagai instrumen penelitian. Hasil uji normalitas dari variabel Grandparenting dan variabel Self regulated learning pada tabel diatas diketahui nilai Asymp. Sig. (2-tailed) lebih besar dari 0,05. Sehingga dapat dinyatakan bahwa nilai residual bersistribusi normal. Hasil penelitian memperoleh data Grandparenting siswa SDN Pagarbatu I cenderung menerapkan pola asuh demokratis lainnya adalah pola asuh otoriter, dan permisif. Hasil uji regresi sederhana dengan nilai signifikansi sebesar 0,038 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara grandparenting terhadap self-regulated learning di SDN Pagarbatu I. Kata kunci : Grandparenting, Self Regulated Learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 – Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Anisa ZN
Date Deposited: 23 Nov 2021 08:07
Last Modified: 23 Nov 2021 08:07
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/1559

Actions (login required)

View Item View Item