PENGEMBANGAN MEDIA “MOBAR” (MONOPOLI BELAJAR) DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Faizah, Nur (2020) PENGEMBANGAN MEDIA “MOBAR” (MONOPOLI BELAJAR) DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.

[img] Text (Abstrak)
CD2.pdf

Download (176kB)
[img] Text (Bab I)
CD4.pdf

Download (226kB)

Abstract

Siswa sekolah dasar cenderung menyukai permainan. Pembelajaran yang digabungkan dengan permainan dapat memberikan dampak yang menyenangkan terhadap siswa dan mengurangi kejenuhan dalam belajar. Minimnya penggunaan media pembelajaran yang berakibat pada kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan guru. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menghasilkan produk media Mobar dengan pengembangannya dan untuk mengkaji respon siswa dan guru terhadap produk media Mobar di kelas IV sekolah dasar. Pada penelitian ini menggunakan pengembangan 4D yang diadaptasi menjadi 3D yang terdiri dari Define, Design, dan Development sesuai kebutuhan penelitian. Instrumen pengambilan data menggunakan lembar validasi media, soal dan angket respon siswa dan guru kelas. Pada tahap validasi media mendapatkan persentase 91%, soal 94% dan angket 100%. Tahap uji coba awal (Initial Testing) dilakukan pada siswa kelas IV sebanyak 5 orang dan guru kelas IV. Sedangkan tahap uji coba kuantitatif (Kuantitatif Testing) tidak dapat dilaksanakan karena adanya penyebaran Covid-19. Hasil pengisian angket respon siswa mendapat persentase 97% dengan kategori baik sekali, dan hasil pengisian angket respon guru memperoleh persentase 100%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Mobar layak untuk digunakan siswa dan guru sebagai media belajar. Kata kunci : Pengembangan, Mobar, 4D

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 – Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Anisa ZN
Date Deposited: 23 Nov 2021 07:49
Last Modified: 23 Nov 2021 07:49
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/1556

Actions (login required)

View Item View Item