Rahman, Baitur (2020) PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL KALЀLЀS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTOR SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
Text (Abstrak)
CD 2.pdf Download (419kB) |
|
Text (Bab I)
CD 4.pdf Download (409kB) |
Abstract
Dunia anak sekolah dasar adalah dunia bermain. Di era modern ini sebuah pengembangan dan penyesuaian media perlu dikembangkan agar mempermudah dalam proses belajar di sekolah. Salah satunya adalah pengembangan sebuah media permainan tradisional yang di implementasikan dalam pembelajaran di Sekolah dasar kelas III yang sudah lama tidak di mainkan oleh kalangan anak- anak di era modern ini. Penelitian ini bertujuan untuk Melestarikan permainan khas Madura sertauntuk pengembangan permainan Kalѐlѐs untuk meningkatkan kemampuan psikomotor siswa kelas III supaya dapat digunakan sebagai media bermain sambil belajardi sekolah dasar.Pengembangan media permainan Kalѐlѐs ini melewati tahap validasi untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan, kelayakan materi dan mengkaji respon siswa terhadap produk yang dikembangkan. Penelitian ini merujuk model pengembangan Sugiyono yang terdiri dari 10 langkah pengembangan yang kemudian diadaptasi oleh peneliti menjadi 7 langkah pengembangan, yang dimulai dari pencarian potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi desain media, kelayakan materi, dan angket respon siswa. Hasil validasi desain media mendapatkan persentase sebesar 75% dari ahli desain media, validasi kelayakan materi mendapatkan hasil persentase 91,6% dari ahli buku petunjuk mendapatkan presentase sebesar93,75%. Tahap ujicoba produk menghasilkan respon siswa dari 4 siswa kelas IIIdan 2 siswa kelas IV sekolah dasar sebagai subjek uji coba penelitian. Hasil respon siswa menunjukkan kriteria sangat baik yaitu 96,29%. Berdasarkan hasil penelitian, maka disimpulkan bahwa Pengembangan media permainan Kalѐlѐs untuk kelas III, layak digunakan sebagai media bermain sambil belajar karena telah lulus validasi dan mendapatkan respon baik dari siswa. Kata kunci: Pengembangan,Permainan Khas Madura, Kalѐlѐs
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Anisa ZN |
Date Deposited: | 22 Nov 2021 08:12 |
Last Modified: | 22 Nov 2021 08:18 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/1550 |
Actions (login required)
View Item |