Lesmana, Anis Indra (2020) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN SUMENEP. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
|
Text (Abstrak)
cd 2.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
cd 4.pdf Download (477kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan bahwa Indonesia tengah berhadapan dengan tantangan era revolusi industri 4.0 tidak hanya sektor ekonomi, sosial, dan tekhnologi namun sektor pendidikan harus bisa beradaptasi sebab perkembangan ini mulai dimanfaatkan oleh hampir semua sekolah di Indonesia yang dikenal dengan pembelajaran daring atau sistem e-learning atau online learning. Oleh sebab itu seorang pendidik harus mampu memanfaatkan tekhnologi agar tidak terbengkalai apalagi di tahun 2020 dunia sedang menghadapi wabah penyakit yang sering dikenal dengan sebutan covid-19 sehingga memungkinkan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan pembelajaran daring terhadap kemandirian siswa sekolah dasar di Kabupaten Sumenep. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode instrumen kuesioner dan dokumentasi yaitu instrument kuesioner pembelajaran daring adalah 13 pernyataan sedangkan instrumen kuesioner kemandirian adalah 9 pernyataan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa sekolah dasar. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampling dalam penelitian ini menggunakan probability sampling dengan sistem random sampling. Uji prasarat penelitian ini menggunakan uji normalitas menggunakan kolmogorov smirnov lebih besar dari 0,05, yaitu 0,200 > 0,05 sehingga mengindikasikan data residual model persamaan regresi berdistribusi normal. Uji regresi linear sederhana bahwa tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, dapat dikatakan bahwa pembelajaran daring (variabel X) berpengaruh terhadap kemandirian (variabel Y). Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 artinya Ho ditolak, yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan pembelajaran daring (variabel X) terhadap kemandirian siswa sekolah dasar di Kabupaten Sumenep (variabel Y). Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Kemandirian
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA |
Depositing User: | Ahmad Luthfi |
Date Deposited: | 07 Jun 2021 04:31 |
Last Modified: | 16 Nov 2022 08:00 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/1480 |
Actions (login required)
View Item |