Jazilah, Mardiyatul (2020) Pengembangan media card reading materi unsur kalimat tunggal pada siswa kelas III SDI Al-Hamidiyah Poteran talango. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
|
Text (Abstrak)
cd-2.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
cd-4.pdf Download (351kB) | Preview |
Abstract
Pengembangan media card reading materi unsur kalimat tunggal pada siswa kelas III SDI Al-Hamidiyah poteran talango, melewati tahap validasi untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan, dan mengkaji respon siswa terhadap produk yang dikembangkan. Penelitian ini merujuk model pengembangan Sugiyono yang terdiri dari 10 langkah pengembangan yang kemudian diadaptasi oleh peneliti menjadi 7 langkah pengembangan, yang dimulai dari pencarian potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi desain media, materi, dan angket respon siswa. Hasil validasi desain media mendapatkan persentase sebesar 77% dari ahli desain media, validasi materi mendapatkan hasil persentase 78% dari ahli materi yang termasuk kategori sangat sesuai dan tidak revisi, sedangkan hasil validasi angket respon siswa mendapatkan persentase sebesar 100% dari ahli angket respon yang termasuk kategori sangat baik. Tahap ujicoba produk menghasilkan respon siswa dari 6 siswa kelas IV sekolah dasar sebagai subjek uji coba penelitian. Hasil respon siswa menunjukkan kriteria sangat baik yaitu 97%. Berdasarkan hasil penelitian, maka disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran card reading layak digunakan sebagai media pembelajaran karena telah lulus validasi dan mendapatkan respon baik dari siswa. Kata kunci: Kalimat Tunggal, Card Reading
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA |
Depositing User: | Ahmad Luthfi |
Date Deposited: | 31 Mar 2021 03:47 |
Last Modified: | 17 Nov 2022 04:41 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/1467 |
Actions (login required)
View Item |