PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM IPA BERBASIS ONLINE LEARNING

Nurhalima, Nurhalima (2020) PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM IPA BERBASIS ONLINE LEARNING. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
CD 2 Nurhalima.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
CD 4 Nurhalima.pdf

Download (314kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA di SMPN 2 Kalianget dilakukan secara online karena adanya covid-19. Pembelajaran IPA yang dilakukan secara online di masa pandemic covid-19 tidak dilaksanakan berdasarkan tuntutan pendidikan revolusi industri 4.0 dan beberapa kompetensi inti dan kompetensi dasar yang ada dalam pembelajaran IPA yang mengintegrasikan kegiatan praktikum. Hal tersebut terjadi karena media pembelajaran yang mendukung tercapainya tuntutan pendidikan revolusi industri 4.0 dan terlaksananya kegiatan praktikum pada pembelajaran IPA yang dilakukan secara online dimasa pandemic covid-19 belum tersedia. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan Petunjuk Praktikum IPA berbasis Online Learning. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan 4D yang dikemukakan oleh (Thiagarajan et al., 1974). Adapun uji yang dilakukan dalam penenlitian ini adalah uji validasi ahli dan uji coba respon guru. Uji validasi ahli meliputi, kevalidan aspek materi dan bahasa, aspek media dan format. Uji coba respon guru dilakukan menggunakan dua tahap yaitu uji coba awal (initial testing) dan uji coba kuantitatif (quantitative testing). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan sebagai berikut : Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kevalidan pengembangan petunjuk praktikum IPA berbasis online learning sangat valid dengan pesentase sebesar 97,85% yang diperoleh dari tingkat kevalidan aspek materi dan bahasa, aspek media dan format. Hasil respon guru diperoleh dengan kategori sangat baik dengan hasil pada tahap uji coba awal (initial testing) diperoleh sebesar 97,6%, dan pada tahap uji coba kuantitatif (quantitative testing) diperoleh sebesar 98,46% sehingga dapat diartikan bahwa guru memberikan respon positif dan sangat baik terhadap Pengembangan Petunjuk Praktikum IPA berbasis Online Learning. Kata-kata kunci: Petunjuk Praktikum, IPA, Online Learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 – Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA
Depositing User: Ahmad Luthfi
Date Deposited: 25 Mar 2021 05:34
Last Modified: 17 Nov 2022 04:50
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/1464

Actions (login required)

View Item View Item