Markiya, Markiya (2019) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK (SCIENTIFIC APROACH) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA KELAS IV. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
|
Text (Artikel Skripsi)
MARKIYA.pdf Download (404kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang dihadapi siswa pada pembelajaran tematik terpadu yaitu 1) kegiatan pembelajaran masih di dominasi dengan menggunakan metode ceramah; 2) kurangnya kemampuan siswa dalam bertanya dan berpendapat; 3) kurangnya penerapan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Dari beberapa masalah yang dialami siswa pada kegiatan pembelajaran mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa khusunya pada kemampuan komunikasi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan saintifik (scientific approach) pada pembelajaran tematik terpadu dan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan saintifik terhadap kemampuan komunikasi siswa pada pembelajaran tematik terpadu kelas IVB MIN 2 Sumenep. Penelitian ini menggunakan jenis quasi eksperimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IVA dan kelas IVB. Kelas IVA sebanyak 24 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebanyak 24 siswa sebagai kelas eksperimen. Perlakuan yang diterapkan pada kelas eksperimen adalah pendekatan saintifik. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dalam penelitian ini adalah 1) Mengamati; 2) Menanya; 3) Mengumpulkan Informasi; 4) Mengolah Informasi dan; 5) Mengomunikasikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) penerapan pendekatan saintifik yang digunakan pada kelas eksperimen lebih efektif dibandingkan dengan kelas kontrol; 2) penerapan pendekatan saintifik berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan komunikasi siswa pada pembelajaran tematik terpadu kelas IVB MIN 2 Sumenep. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t 2 Sampel Bebas (Independent Samples t-Test). Dimana pada uji-t 2 sampel bebas (independen sample t-test) diperoleh nilai 3,347 1,679, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kata kunci: Pendekatan Saintifik (scientific approach), Kemampuan Komunikasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Ahmad Luthfi |
Date Deposited: | 08 Jul 2020 03:30 |
Last Modified: | 22 Nov 2022 06:14 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/1234 |
Actions (login required)
View Item |