PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN BERDISKUSI SISWA KELAS IV

Yuliana, Anis Fita (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN BERDISKUSI SISWA KELAS IV. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.

[img]
Preview
Text (Artikel)
ANIS FITA YULIANA.pdf

Download (396kB) | Preview

Abstract

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa kelas IVB antara lain: 1) guru masih menggunakan metode ceramah dimana siswa hanya memperhatikan, mendengar, dan mencatat materi sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru; 2) kurangnya kreativitas guru dalam menggunakan model pembelajaran; 3) guru juga kurang memberikan kesempatan kepada siswa dalam mengungkapkan pendapat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran inkuiri pada pembelajaran tematik terpadu dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan berdiskusi siswa pada pembelajaran tematik terpadu kelas IVB MIN 2 Sumenep. Penelitian ini menggunakan jenis quasi eksperimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IVA dan kelas IVB. Kelas IVA sebanyak 24 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebanyak 24 siswa sebagai kelas eksperimen. Perlakuan yang diterapkan pada kelas eksperimen adalah model pembelajaran inkuiri. Sintaks atau langkah-langkah inkuiri yang digunakan dalam peneliti adalah 1) menyajikan pertanyaan atau masalah; 2) membuat hipotesis; 3) merancang percobaan; 4) melakukan percobaan untuk memperoleh informasi; 5) mengumpulkan dan menganalisis data; 6) membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penggunaan model pembelajaran inkuiri pada kelas eksperimen lebih efektif dibanding model pembelajaran langsung pada kelas kontrol.; 2) model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap keterampilan berdiskusi siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji-t 2 Sampel Bebas (Independent Samples t-Test). Dimana pada uji-t 2 Sampel Bebas (Independent Samples t-Test) pada bagian “Equal variances assumed” diketahui nilai sig (2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05 artinya Ho ditolak, Ha diterima. Kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Keterampilan Berdiskusi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 – Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Ahmad Luthfi
Date Deposited: 08 Jul 2020 03:19
Last Modified: 22 Nov 2022 06:24
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/1232

Actions (login required)

View Item View Item