PERBANDINGAN SOAL HOTS DAN LOTS PADA UJIAN NASIONAL SEKOLAH DASAR SEDERAJAT DI KABUPATEN SUMENEP.

Mahbubillah, Uwais Bayquni (2019) PERBANDINGAN SOAL HOTS DAN LOTS PADA UJIAN NASIONAL SEKOLAH DASAR SEDERAJAT DI KABUPATEN SUMENEP. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
FILE 3.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
FILE 4.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Ujian nasional menjadi kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik sebagai pengakuan prestasi belajar dan penyelesaian dari suatu satuan pendidikan. Keberhasilan peserta didik dalam menghadapi ujian nasional tidak lepas dari tim penyusun butir-butir soal hal ini menjadi tugas yang melekat pada seorang penyusun soal ujian nasional sehingga tidak merugikan peserta didik dalam mencapai kelulusan. Penelitian dilakukan pada SDN Kalimook 1 dan MI An-Najah. Alat ukur yang digunakan adalah dengan menganalisis soal ujian nasional dan di validasi oleh para ahli. Pengolahan data mengunakanan analisis dengan pendekatan deskriftif kuanitatif. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui perbandingan tingkat kesulitan tipe HOTS dan LOTS soal ujian nasional mata pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dalam waktu tiga tahun terakhir (2016-2017, 2017-2018 dan 2018-2019). Hasil penelitian yang didapatkan pada mata pelajaran Matematika tahun 2016-2017 terdapat 16 soal berkriteria HOTS dan 24 berkriteria LOTS, tahun 2017-2018 terdapat 12 soal berkriteria HOTS dan 18 berkriteria LOTS, tahun 2018-2019 terdapat 14 soal berkriteria HOTS dan 16 berkriteria LOTS dan untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tahun 2016-2017 terdapat 15 soal berkriteria HOTS dan 25 berkriteria LOTS, tahun 2017-2018 terdapat 15 soal berkriteria HOTS dan 20 berkriteria Lots, tahun 2018-2019 terdapat 17 sola berkriteria HOTS dan 18 berkriteria LOTS. Ujian nasional salah satu penilaian pendidikan dalam ketercapaian proses pembelajaran soal-soal pada ujian nasional haru mencakup seluruh materi dan dapat mewakili berbagai kemampuan berpikir, seperti ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis dan evaluasi sehingga peserta didik mampu menyelesaikannya. Kata kunci:Soal HOTS dan LOTS Ujian Nasiona, Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 – Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Ahmad Luthfi
Date Deposited: 08 Jul 2020 03:11
Last Modified: 22 Nov 2022 08:06
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/1229

Actions (login required)

View Item View Item