Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Sains Pada siswa Kelas IV SDN Pragaan Laok I.

Rosdiana, Mila (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Sains Pada siswa Kelas IV SDN Pragaan Laok I. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Mila Rosdiana 712.7.1.0191.Image.Marked.pdf

Download (203kB) | Preview

Abstract

Pemahaman siswa terhadap konsep IPA tidak hanya dibangun dengan metode konvensional seperti ceramah. Akan tetapi harus didukung oleh adanya media pembelajaran. Oleh karena itu, dikembangkan media pembelajaran monopoli sains yang disesuaikan dengan karakter siswa di Sekolah Dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui kelayakan media; (2) keterlaksanaan pembelajaran; (3) perbedaan hasil belajar; dan (4) respon siswa. Penelitian dilakukan di SDN Pragaan Laok I dengan jenis Research and Development. Instrumen yang digunakan berupa: (1) validasi ahli; (2) pengamatan keterlaksanaan pembelajaran; (3) tes pilihan ganda; dan (4) angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan uji T berpasangan. Kelayakan media terlihat dari hasil validasi ahli media dan materi mendapatkan persentase rata-rata 90 % dengan kategori sangat layak. Keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan persentase 69-91% . Hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan setelah menggunakan media permainan monopoli sains terlihat dari meningkatnya rata-rata hasil belajar siswa dari 48,2 menjadi 79,8. Sedangkan hasil respon siswa melalui angket menunjukkan respon yang sangat positif dilihat dari persentase total diatas 90%. Kata kunci: Media Pembelajaran, monopoli sains, dan hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 – Science > 500 Natural Science and Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA
Depositing User: Anisa ZN
Date Deposited: 25 Jun 2020 02:30
Last Modified: 25 Jun 2020 02:30
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/1083

Actions (login required)

View Item View Item