STRTEGI PENGEMBANGAN PASAR TRADISIONAL SEBAGAI ASET EKONOMI KERAKYATAN DI DESA CANDI KECAMATAN DUNGKEK KABUPATEN SUMENEP

ANDRI, MOH. (2017) STRTEGI PENGEMBANGAN PASAR TRADISIONAL SEBAGAI ASET EKONOMI KERAKYATAN DI DESA CANDI KECAMATAN DUNGKEK KABUPATEN SUMENEP. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.

[img]
Preview
Text (abstrak)
MOH. ANDRI 712111745.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

Pasar tradisional merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli serta ditandai dengan adanya transaksi penjual pembeli secara langsung, bangunan biasanya terdiri dari kios-kios atau gerai. Pasar Candi adalah salah satu pasar tradisional yang sangat luas yang berlokasi di Desa Candi Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep. Pasar ini menjadi pusat perniagaan dan pembelajaan masyarakat bawah yang sangat berdampak bagi pengembangan potensi ekonomi mereka. Pasar Candi terus melangami kemajuan dan penignkatan pangsa pasar yang luar biasa, sehingga sampai sekarang terus dilakukan pembangunan dan perluasan area demi memenuhi kebutuhan masyarakat. Berdasarkan latar belakang permasalahan dan rumusan masalah maka tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Kinerja Organisasi Di Kecamatan Gapura. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan tekhnik pengumpulan data berupa wawancara dengan informan salah satu yang ada di struktur organisasi pasar candi dan pedagang kaki lima dan pengunjung di pasar candi dan yang terkait observasi dan dokumentasi terhadap responden yang memiliki relevansi dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian pengelola pasar menerapkan strategi khusus untuk mengembangkan kompetensi para pedagang baik yang baru maupun yang sudah lama menempati pasar Candi. Strategi yang di terapkan oleh pengelolah pasar adalah mengadakan musyawarah kepada para pedangang seputar berwirausaha.. Salah satu cara untuk menarik minat pengunjung pasar candi ialah dengan cara mengadakan komoditas tertentu yang menjadi ciri khas dari keberadaan pasar Candi. Kata Kunci : Strategi, Pasar Tradisional, Aset Ekonomi Kerakyatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 – Social sciences > 350 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Depositing User: Anisa Zulfa Nurfaizah
Date Deposited: 19 Jun 2020 08:16
Last Modified: 19 Jun 2020 08:16
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/922

Actions (login required)

View Item View Item