STRATEGI PENANGGULAN BANJIR PERKOTAAN DI KABUPATEN SUMENEP (Studi pada Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan, Permukiman dan Cipta Karya Kabupaten Sumenep).

ABIDIN, MOH. ZAINAL (2017) STRATEGI PENANGGULAN BANJIR PERKOTAAN DI KABUPATEN SUMENEP (Studi pada Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan, Permukiman dan Cipta Karya Kabupaten Sumenep). Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.

[img]
Preview
Text (abstract)
MOH. ZAINAL ABIDIN (712. 1.1. 1827).pdf

Download (116kB) | Preview

Abstract

Banjir merupakan suatu bencana yang sudah menjadi kebiasaan wilayah tempat kita tinggal pada setiap musim hujan . Selain faktor alam, banjir juga disebabkan oleh ulah manusia dimana banyak lahan yang dirubah menjadi bangunan gedung. Penebangan pohon dan penyempitan sungai merupakan contoh ulah manusia yang menjadi penyebab banjir. Tabel penelitian ini adalah Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Kabupaten Sumenep yang bergerak di bagian tata ruang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui strategi yang diterapkan oleh Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya yang kemudian dirumuskan dalam beberapa alternatif strategi yang tepat dan sesuai untuk diterapkan. Penelitian ini menggunakan analisa reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Dimana data secara sistematis diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan bahan-bahan lain sehingga dapat mudah dipahami dan temuannya dapat diinformasikan kepada orang lain. Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya melakukan langkah kerja untuk menangani program kerja dalam menanggulangi banjir perkotaan, dengan cara mengurangi daerah pemutusan Kali Marengan untuk dialihkan ke Kali Patrian. Dengan mengurangi debit yang masuk ke Kali Marengan, maka mereka optimis bahwa banjir di kawasan perkotaan akan berkurang hingga 40%. Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya mengalami kendala dalam proses penganggaran sehingga berpengaruh terhadap jadwal atau target waktu penyelesaian. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya menerapkan strategi penanggulangan banjir perkotaan dengan cara adanya data curah hujan, daerah genangan, perubahan tata guna lahan dan data elevasi tanah. Hal tersebut dapat mengurangi terjadinya banjir di kawasan perkotaan. Kata Kunci : Penerapan Strategi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 – Social sciences > 350 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Depositing User: Anisa Zulfa Nurfaizah
Date Deposited: 16 Jun 2020 04:07
Last Modified: 16 Jun 2020 04:07
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/633

Actions (login required)

View Item View Item